Poskesdes Beralih Fungsi, Tuhadi: Ditempati Kadus dan Istrinya

Poskesdes Beralih Fungsi, Tuhadi: Ditempati Kadus dan Istrinya
Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Desa Celawan Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai)

SERGAI, (PAB)–

Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Desa Celawan Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terkesan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, diketahui Poskesdes telah dijadikan  tempat Tinggal Rumah oleh oknum Kepala Dusun (Kadus) setempat.

Pos kesehatan Desa  yang terletak di Dusun 12, Desa Celawan tidak lagi beraktifitas dalam funsinya, terlihat tidak ada aktifitas pelayanan kesehatan lantaran  pintu poskesdes selalu tertutup layaknya rumah hunian.

Menurut keterangan warga disana, dahulu sebelum Poskesdes itu berdiri, lahan itu berdiri   bangunan langgar (mushollah)  kemudian tanahnya itu diwakafkan untuk pembangunan Poskesdes Desa Celawan yang diperkirakan di bangun  pada tahun 2010. 

“Namun saat ini terkesan sudah tidak berfungsi dan diduga telah ditempati seorang oknum Kepala Dusun berinisial IP yang hampir 2 tahun, tinggal disitu,itupun karena menikah dengan seorang bidan inisial AZ  yang diketahui bertugas di Puskesmas Pantai Cermin,”kata warga yanh namanya tidak ingin disebutkan, Selasa (25/6) kepada Pab-ndonesia co.id.  

 “Sementara Kalau ada masyarakat Yang mau berobat di bidan Desa (Bides) dipanggil  panggil gak mau keluar dan pintunya sering ditutup. Karena infonya bidan itu tugas di Puskesmas bukan di Poskesdes tersebut,”jelasnya lagi.

Ditegaskan sumber, masyarakat Desa Celawan yang ingin berobat   jadi  terkendala dan Kecewa, jadi seolah-olah Poskesdes itu hanya sebagai pajangan saja.

 “Kami berharap Poskedes ini kalau bisa diaktifkan dan dilakukan pembenahan pelayanan karena ini untuk kepentingan masyarakat. Kami kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan, kalau berobat harus melalui akses yang jauh baik menuju puskesmas Pantai Cermin maupun RS Sawit Indah Perbaungan,”pungkas sejumlah warga.

Sementara saat dihubungi  Pab-indonesia.co.id melalui telepon selulernya, Kepala Desa Celawan Tuhadi membantah bahwa Poskesdes itu tidak berfungsi, namun membenarkan ditempati seorang Kadus dengan isterinya, terang kades.( Bambang)

Berita Lainnya

Index