Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai Buka Puasa bersama di SDN Lapangan PT Socfindo Kebun Matapao

Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai Buka Puasa bersama di SDN Lapangan PT Socfindo Kebun Matapao

TELUK MENGKUDU, (PAB) –

Keluarga besar Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai berbuka puasa bersama di SDN lapangan PT Socfindo Kebun Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai, Prov. Sumut, Senin (27/5/2019).

Turut hadir, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM didampingi Sekretaris Diknas Drs Suriadi, para Kabid, Manager PT Socfindo Matapao, Ketua Darma Wanita Diknas, Sekretaris Dewan Pendidikan Abdul Firman, S.Pd, Pengurus PGRI, Korwil SD, mubaligh Ustadz Darwis Rambe, para Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan se-Sergai.

Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM dalam sambutannya mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan Buka Puasa Bersama Dinas Pendidikan untuk 3 (tiga) Kecamatan (Pantai Cermin, Teluk Mengkudu dan Tanjung Beringin) pada hari ini. Kegiatan ini merupakan bentuk nyata menjaga silaturahmi antara tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Dinas Pendidikan Sergai.
Kegiatan ini dilaksanakan selain untuk memeriahkan bulan suci ramadhan, silaturahmi ini juga menjadi sarana Musrenbang Pendidikan dalam rangka merumuskan rencana peningkatan mutu pendidikan di Sergai.

Kegiatan ini adalah rangkaian terakhir pelaksanaan Safari Ramadhan Keluarga Besar Pendidikan setelah beberapa kegiatan lalu dilaksanakan di Kecamatan Serbajadi, Tebing Syahbandar, Sei Rampah, Tebing Tinggi, Perbaungan, dan Dolok Masihul.

“Saya bangga dengan seluruh jajaran dinas pendidikan khususnya Korwil yang telah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik dalam mendukung program Safari Ramadhan ini dengan segala kelebihan dan kekurangannya, serta penyampaian paparan program kedepan guna penentu kebijakan arah pendidikan kedepannya.
Semoga dengan kegiatan ini kita dapat semakin membuat mutu pendidikan Sergai menjadi baik dan semakin baik lagi nantinya. Meski dengan segala kekurangan misalnya sarana dan prasarana sekolah yang tentunya harus terus diperhatikan dan ditingkatkan,” ujarnya.

Ia menargetkan di tahun 2020-2021 akan kita capai 21 peraihan dengan capaian Akreditasi A semua SD, PAUD dan SMP di Sergai sebagai wujud yel-yel Dinas Pendidikan yaitu Inovasi.

Guna menambah berkah pertemuan, ustadz Darwis Rambe menyampaikan tausiyah yang mengajak untuk selalu bersyukur atas nikmat yang tidak ternilai dari Allah SWT dan tidak menjadi orang yang kufur (mendustakan) nikmat dari Allah SWT tersebut.

Selain itu disampaikan tentang hikmah puasa yang ada dalam Al Qur’an bahwa puasa di bulan Ramadhan terbagi dalam 3 (tiga) tahapan yaitu pada sepuluh hari pertama (akan mendapatkan rahmah dan berkah), kemudian sepuluh hari kedua (maghfirah atau keampunan diraih), serta sepuluh hari yang terakhir (La’lahum Tataqum atau menjadi orang yang bertaqwa).

Disela-sela kegiatan turut dilaksanakan penyerahan tong sampah kepada perwakilan Kepala Sekolah dalam rangka mendukung program Green, Clean and Life yang merupakan bagian dari Gerakan Pelajar Peduli Sampah (Gerappah) untuk seluruh SD dan SMP se-Kabupaten Sergai.(Bambang) 

Berita Lainnya

Index