Kapendam II/SWJ : "Tidak Benar Ada Anggota Kodim yang Terkena Penyakit Cacar Monyet"

Kapendam II/SWJ :

PALEMBANG, (PAB) ----

Kapendam II/Swj menjelaskan, adanya berita yang beredar dan sempat viral di aplikasi media sosial WhatsApp, terkait anggota Kodim 0410 KBL yakni Serda Supran Sidah meninggal pada Sabtu (18/5/2019) karena terkena cacar monyet atau mongkey pox tersebut adalah tidak benar.

"Berita itu tidak benar, karena belum ada informasi resmi (cacar monyet), laporan medis juga belum ada, yang tahu di pihak rumah sakit, tapi memang dia sakit dan dirawat pada Jumat malam di Jakarta, Sabtu pagi meninggal", kata Kapendam II/Swj Kolonel Inf Djohan Darmawan, Minggu (19/5/2019).

"Almarhum mengalami kulit hipersensitif, terus kena virus protozoa dan TBC. Jadi bukan karena cacar monyet", tegas Kapendam.

"Hingga saat ini belum ada kasus tersebut terjadi di Indonesia dan itu baru terjadi di Singapura", jelasnya.

"Sekali lagi saya sampaikan, untuk foto-foto tentang penyakit Almarhum Serda Supran yang beredar di medsos, tidak semuanya benar", kata Kolonel Djohan.

Saat ini, almarhum sudah dimakamkan di kampung halamannya di Krui Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Sebelumnya, Upacara pemakaman secara militer minggu 10.15 Wib 19 Mei 2019 di Pekon Pahmungan kec.Pesisir tengah Kab. Pesisir Barat Prov Lampung dengan irup Dandim 0410/KBL Letkol ARM Wahyu Jatmiko sebagai penghormatan terakhir kepada Alm Serda Supransida

Babinsa Koramil 410-02/TBS Kodim 0410/KBL. Alm berpulang dengan tenang dikarenakan sakit Anemia akibat Epistaksis dan riwayat TBC Alm meninggal di RSPAD Gatot Subroto Jakarta pada Sabtu 18 Mei 2019 pkl 10.00 WIB, Alm sebelumnya sempat dirawat di RSUD Abdul Muloek karena Epistaksis selama 1 Minggu dgn penangan transfusi darah selanjutnya dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto Jakarta pada Hari Kamis tanggal 16 Mei 2019.

Kondisi Alm terus drop HB =5 dan dinyatakan meninggal dunia pada Hari Sabtu tgl 18 Mei 2019 pkl 10.00 Wib. Dengan diagnosa Anemia Gravis ec epistaksis ditambah suspect TBC dan Toxoplasmosis.

Jenazah selanjutnya diberangkatkan dari Jakarta ke Lampung Via Darat, selanjutnya dimakamkan di Kec. Krui,Kab. Pesisir Barat.

Kelainan kulit yang dialami Alm diakibatkan reaksi obat disertai kondisi fisik menurun yang sudah diderita sejak lama dan bukan disebabkan oleh penyakit Cacar Monyet diperjelas oleh Dandenkes Lampung.(ril/evi)

Berita Lainnya

Index