Gagalkan Pelaku Curanmor, Warga Apresiasi Aksi Heroik Bripda Rendi Ardiansyah

Gagalkan Pelaku Curanmor, Warga Apresiasi Aksi Heroik Bripda Rendi Ardiansyah
Foto: Bripda RendI Andiansyah

SERGAI,(PAB) ----

Aksi heroiknya anggota Personil Polantas Polres Sergai, Bripda Rendi Andiansyah mendapat acungan jempol dari warga lantaran berhasil menggagalkan pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di Dusun Bhakti, Desa Seibuluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai. Sabtu (20/4/2019) sore.

Aksi Bripda Rendi Andiansyah menggagalkan pencurian itu saat sedang menjalankan  tugasnya sebagai personil satuan lalulintas Polres Sergai yang mana , Rendi hendak melakukan servis kendaraan disebuah bengkel yang berada di Jalinsum Medan -Tebingtinggi, tepatnya Dusun Bhakti, Desa Seibuluh, Kecamatan Teluk mengkudu, Sergai.

Tanpa disengaja dirinya mendengar teriakan warga yang meminta pertolongan, spontan saja dirinya bergerak cepat memastikan kejadian yang sedang terjadi, dan mengetahui warga sedang mengejar pelaku pencurian sepeda motor dan saat itu dirinya ikut saling kejar-kejaran terhadap pelaku dan  berhasil mengamankan  pelaku dengan cara menerkam.

Kemudian petugas Satlantas Polres Sergai ini bersama masyarakat langsung memboyong pelaku, Rudi Hartono Purba (20) warga Desa Seipirok, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai ke Mapolsek Teluk Mengkudu guna menghindari amukan warga.

Menurut informasi yang diterima, Aksi Rendi tersebut berawal saat pemilik sepeda motor Yamaha Jupiter Z dengan nomor polisi BK 3302 AZ milik  Ami Suriadi (28) warga Dusun Bhakti, Desa Seibuluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai, nyaris menjadi korban pencurian.

Diceritakan Ami,  bermula kejadian saat bekerja di gudang rongsokan (Butot) tiba-tiba saja mendengar adanya suara kendaraan menyalah didepan gudangnya.

Mendengar suara tersebut korban langsung menuju keluar gudang dan melihat sepeda motor miliknya sudah diputarkan baliknya oleh pelaku untuk dibawa kabur.

Tapi ternyata pelaku gagal membawa sepeda motor tersebut, karena terkejut pelaku dan korban saling melihat sehingga pelaku langsung membuang kendaraan sepeda motor milik korban dipinggir jalan.

"Karena posisi kendaran mati dan langsung kabur Saya pun teriak meminta pertolongan warga dengan teriakkan maling- maling kereta." Kata Ami Suriadi.

Lanjutnya, terjadi kejar- kejaran antara warga hingga di jarak 50 meter pelaku dapat diamankan oleh Bripda Rendy Andiansyah secara sigap. 

" Syukur alhamdulillah ada pak polisi satlantas Polres Sergai dan dibantu masyarakat sekitar yang tidak jauh dari lokasi kejadian sehingga pelaku berhasil diamankan." ujarnya. 

Salah satu saksi mata yang melihat kejadian itu,  Eko (46) warga Firdaus mengatakan sempat Mendegar teriakkan warga dan turut melakukan pengejaran terhadap pelaku.

"Saat itu saya mendengar suara korban berteriak maling yang dibantu warga sekitar karena mendegar suara teriakan tersebutlah spontan saya ikut mengejar dan melihat  pelaku lari arah ke Medan, kemudian saya langsung mengejar bersama anggota Personil Satlantas Polres Sergai dan langsung kami hadang" kata Eko yang mengaku saat itu dirinya sedang duduk dibengkel milik Sopian Lubis (44) warga Seibuluh dengan jarak 50 meter dari lokasi kejadian.

" Kita sempat hadang pelaku namun pelaku cukup kuat tenaganya, pelaku langsung di terkam oleh anggota Personil Satlantas Polres Sergai di rumah warga yang tak jauh dilokasi jalan jalinsum hinggga pelaki tidak berkutik." Ucap Eko diamini M. Sopian Lubis saat dimintai keterangan  di Mapolsek Teluk Mengkudu.

Eko mengaku bangga melihat aksi heroik anggota Personil satlantas yang bertindak cepat mengamankan pelaku meski tidak perduli saat kejadian itu barang berupa HT miliknya berserakan dijalan demi menangkap pelaku tersebut.

"Namun setelah pelaku kami ditangkap, pelaku mengaku kalau dirinya dari Medan menuju ke tebing tinggi dengan berjalan kaki. Dan bercerita kalau dirinya tiga hari belum makan." Kilah pelaku ditiruhkan saksi Eko

Ditempat Terpisah, Kapolres Sergai, AKBP. H. Juliarman Eka Putra Pasaribu melalui Kasat Lantas Polres Sergai, AKP. Haris mengatakan sosok polisi seperti anggota Personil Satlantas Polres Sergai inilah yang dibutuhkan masyarakat.

"Sosok polisi seperti Bripda Rendy Andiansyah ini yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain menjaga keamanan berlalu lintas  serta  ketertiban masyarakat, ia mampu berperan sebagai pelindung masyarakat, Pengayom dan pelayanan masyarakat.," Ujar Kasat Lantas  AKP. Haris, dilansir dari berita Gosumut.com.

Menanggapi hal ini, Kapolsek Teluk Mengkudu, AKP. JH. Tarigan mengatakan  Saat ini tersangka dijerat pasal 363  KUHP dan pelaku sudah di amankan di Mapolsek Teluk Mengkudu guna proses lebih lanjut.(Bambang) 

 

Berita Lainnya

Index