Dukung Percepatan Pembangunan Daerah, BPPT-Pemkab Sergai Jalin MoU

Dukung Percepatan Pembangunan Daerah, BPPT-Pemkab Sergai Jalin MoU
TANDA TANGAN : Bupati Sergai Ir H Soekirman bersama Kepala BPPT Dr Ir Hammam Riza, M.Sc dan disaksikan Deputi Kepala BPPT Bidang TIEM Prof Dr Eng. Eniya Listiani Dewi, B.Eng, M.Eng, melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) tentang “Pengkajian d

CIREBON, (PAB) ----

Dalam upaya memberikan dukungan untuk percepatan pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengundang Bupati Sergai, Ir H Soekirman untuk hadir dalam Rapat Kerja Kedeputian Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM) sekaligus melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) tentang “Pengkajian dan Penerapan Teknologi untuk Mendukung Pembangunan di Pemerintah Daerah” di Swiss Belhotel, Cirebon Jawa Barat, Selasa (9/4).

Dalam kegiatan tersebut hadir juga beberapa pejabat tinggi Negara yang menjadi narasumber diantaranya, Deputi Kepala BPPT Bidang TIEM Prof Dr Eng. Eniya Listiani Dewi, B.Eng, M.Eng, Kepala BPPT Dr Ir Hammam Riza, M.Sc serta para Kepala Daerah yang diundang.

Demikian disampaikan Bupati Sergai Ir H Soekirman kepada Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) H Ikhsan, AP melalui WhatsApp langsung dari Cirebon Jawa Barat.

Kepala BPPT Dr Ir Hammam Riza, M.Sc menyampaikan bahwa Penandatanganan MoU ini merupakan bentuk komitmen bersama antara BPPT yang akan memberikan dukungan untuk melakukan kajian menyeluruh bagi Pemerintah Daerah untuk mewujudkan peningkatan mutu pembangunan di daerah.

 “ Bagi pemerintah daerah yang kini menjadi sasaran program kerja, kami harapkan dapat memberikan dukungan kerjasama sehingga kedepannya proses perencanaan dan realisasi pembangunan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat bersinergi, efektif dan efesien dengan dukungan berbagai teknologi terbarukan,” ujarnya.

Sementara di tempat yang sama, Bupati Soekirman yang didampingi Kadis Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMP2TSP) Drs H Akmal, M.Si usai melakukan penandatangan, sangat menyambut baik apa yang dilakukan oleh BPPT dalam hal memberikan dukungan secara menyeluruh bagi pemerintah daerah khususnya Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Kesepakatan bersama dalam hal Pengkajian dan Penerapan Teknologi ini diharapkan dapat kita selaraskan dengan kemajuan zaman, apalagi saat ini kita memasuki era revolusi indistri 4.0, sehingga semuanya serba digital.

Sedangkan kesepakatan bersama yang ditandatangani antara Pemkab Sergai dengan BPPT meliputi pertama pengkajian dan kebijakan teknologi, kedua pengkajian dan penerapan teknologi dibidang agroidustri dan bioteknologi, ketiga pengkajian dan penerapan teknologi dibidang pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan, keempat pengkajian dan penerapan teknologi industri rancang bangun dan rekayasa, kelima pengkajian dan penerapan teknologi informasi, energi dan material.

“ Oleh karenanya, saya ajak masyarakat Sergai untuk terus mendukung program kerja pemerintah daerah dalam hal pembangunan teknologi daerah dan semoga acara ini membawa manfaat besar bagi kemajuan masyarakat Sergai,” ujar Soekirman.

Disela-sela acara Bupati Soekirman memanfaatkan momen untuk berdiskusi intensif ddengan Kepala BPPT Hammam Riza tentang masalah sampah di Sergai, selain itu juga  membahas peluang kerjasama untuk menghasilkan energi dan langsung disambut baik oleh BPPT bahwa mereka juga memfasilitasi pembangunan instalasi listrik tenaga sampah di Bantar Gebang, Bekasi. Kemudian disampaikan tentang keberhasilan pengolahan limbah sawit di PTPN V Riau Sungai Pagar untuk menghasilkan energi listrik terbarukan. 

Selain kepada Kepala BPPT, Soekirman juga berdiskusi secara intensif dengan Bupati Aceh Timur Hasbalah Thaif terkait dengan peluang pemanfaatan limbah kelapa (cocos nusifera) yang sangat besar potensinya di Aceh timur sementara usaha pengolahan sabut kelapa dan batok kelapa di Sergai kekurangan bahan.(Bambang)

Berita Lainnya

Index