Menteri BUMN Rini Sumarno Resmikan Sejumlah Proyek PT. Pelindo l 

Menteri BUMN Rini Sumarno Resmikan Sejumlah Proyek PT. Pelindo l 
Foto: Surya Atmaja

BELAWAN, (PAB) ----

Usai mendampingi Presiden Joko Widodo di Sibolga, Sumatera Utara, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengunjungi Pelabuhan Belawan, di sana terdapat sejumlah proyek strategis milik PT Pelindo I. 

PT Pelindo I merupakan BUMN penyedia jasa pelabuhan. Pada kunjungannya ini Menteri Rini meresmikan Car Terminal dengan kapasitas 8.000 unit mobil per bulan yang baru diselesaikan PT Pelindo I.

Tak hanya itu, Menteri Rini juga meresmikan pembangunan Terminal Curah Kering berupa fasilitas gudang dan conveyor untuk bongkar muat cargo curah kering dengan produktivitas 700 – 1.000 ton/jam.

Kemudian diresmikan juga 3 unit Tangki Timbun CPO Antar Pulau dengan total kapasitas 9.000 ton beserta fasilitas pendukungnya antara lain Terminal Shorebase, Gedung Kantor Terpadu (Kantor Pusat dan Cabang), Gate Pelabuhan, Rigid Pavement Jalan Pelabuhan dan Gate Terpadu Terminal Peti Kemas Belawan. 

"Saya sungguh bangga PT. Pelindo I dapat menyelesaikan pembangunan ini dengan sangat baik. Apalagi tadi Presiden Jokowi juga sudah memuji fasilitas pelabuhan di Sibolga," kata Menteri Rini di Belawan, Minggu (17/3/2019).kemarin

Menteri Rini kemudian melakukan peninjauan ke sejumlah proyek strategis pemerintah yang telah diselesaikan oleh PT. Pelindo 1. Misalnya saja, pembangunan Terminal Penumpang Berstandar Bandara di Pelabuhan Tanjung Balai Asahan dan Sri Bintan Pura, Pemasangan fix crane dan perpanjangan dermaga sepanjang 70 meter di Terminal Petikemas Keperintisan Sei Kolak Kijang, serta modernisasi kapal tunda dan kapal pandu. 

Pengembangan secara berkelanjutan ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional. 

Menteri Rini kemudian berharap penyelesaian sejumlah proyek strategis ini bisa semakin menurunkan biaya logistic nasional.

Kemudian mendorong dan memfasilitasi pertumbuhan ekonomi, khususnya daerah Sumatera Utara dan sekitarnya. 

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo 1 Bambang Eka Cahyana menjelaskan perusahaannya terus melalukan upaya peningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus.

Serta melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga.

"Hal itu untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. Penambahan peralatan ini berupa 20 unit terminal tractor di BICT, 4 unit Rubber Tyred Gantry Crane di TPKDB, 4 unit Kapal Tunda dan Kapal Pandu. Ini juga sebagai langkah awal dalam memasuki era industri 4.0,” ucap Bambang Eka Cahyana.

Selain meresmikan Penataan Pelabuhan Belawan, Menteri Rini lalu meninjau pelaksanaan pasar sembako murah di Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhana Belawan.

Kegiatan pasar murah ini berisi paket sembako sebanyak 5.000 paket yang terdiri dari beras, gula, minyak goreng dan teh yang dijual dengan harga Rp. 10.000. (Surya atm)

Berita Lainnya

Index