PTPN IV Unit Kebun Gunung Bayu Buang Tankos Sembarang Tempat

PTPN IV Unit Kebun Gunung Bayu Buang Tankos Sembarang Tempat
PTPN IV Medan Unit Kebun Gunung Bayu malah membuang tankosnya begitu saja di pinggir jalan.

SIMALUNGUN,(PAB)----

Tandan kosong kelapa sawit (TKKS) dapat dimanfaatkan sebagai sumber pupuk organik yang memiliki kandungan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanah dan tanaman.

Tandan kosong kelapa sawit mencapai 23% dari jumlah pemanfaatan limbah kelapa sawit tersebut sebagai alternatif pupuk organik juga akan memberikan manfaat lain dari sisi ekonomi. 

Bagi perkebunan kelapa sawit, tankos tersebut biasanya digunakan sebagai pupuk dengan meletakkan mengelilingi tanaman sawit dapat menghemat penggunaan pupuk sintesis sampai dengan 50%, pupuk organik yang dihasilkan dari TKKS dapat berupa pupuk kompos dan pupuk Kalium.

Namun PTPN IV Medan Unit Kebun Gunung Bayu malah membuang tankosnya begitu saja di pinggir jalan. Pantauan pab-indonesia.co.id terlihat di Afd I yang letaknya tidak jauh dari SD No 091684 Gunung Bayu, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun.

Informasi yang berhasil dihimpun dari warga sekitar lokasi mengatakan bahwa pembuangan tankos tersebut sudah berlangsung sejak lama.

Dikatakan warga yang enggan menyebut nama, aktifitas pembuangan tankos terkesan disembarang tempat, dan malah sudah banyak tankos yang hingga kering dibakar begitu saja oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab.

"Tankos dibuang disini sudah berlangsung sejak lama, bahkan yang sudah kering dibakar orang yang tak bertanggung jawab," ujar warga sekitar.Sabtu (16/3/19).

Hingga berita ini dilayangkan ke meja redaksi, pihak PTPN IV Medan Unit Kebun Gunung Bayu belum berhasil dikonfirmasi terkait pembuangan tankos tersebut. (MS/Red)

Berita Lainnya

Index