Hitungan Minggu Menjabat Kabagbinkar Ro SDM Polda Sumut, AKBP Andry Setiawan Duduki Jabatan Kabidkum

Hitungan Minggu Menjabat Kabagbinkar Ro SDM Polda Sumut, AKBP Andry Setiawan Duduki Jabatan Kabidkum
Wakil Direktur (Wadir) Ditreskrimum Polda Sumut AKBP Andry Setiawan. - TRIBUN MEDAN

MEDAN (PAB) -----

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan rotasi sejumlah jabatan perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) di lingkungan Polri.

Hal itu berdasarkan dalam telegram rahasia (TR) Nomor ST/830-831-832/III/KEP./2019 yang dikeluarkan, Kamis 14 Maret 2019.

Dalam telegram tersebut, ada 198 Pati dan Pamen yang akan duduk dalam jabatan baru.

Ada beberapa Pati yang akan memasuki masa pensiun. Di Polda Sumut, ada tiga pejabat utama yang dirotasi.

Dilansir dari berita tribunmedan, AKBP Andry Setiawan, Kabagbinkar Ro SDM Polda Sumut dipercaya mengisi jabatan baru sebagai Kabidkum Polda Sumut.

Mantan Kapolres Samosir dan Madina itu menggantikan Kombes Maruli Siahaan yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Hukum Divhukum Polri.

Kombes Pol Gustav Leo, Karo Log Polda Sumut diangkat dalam jabatan baru sebagai Dosen Utama STIK Lemdiklat Polri.

Penggantinya Kombes Pol Thahyono Prawoto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagrenmin Slog Polri.

Lalu, Kombes Pol dr A Nyoman Eddy Purnama Wirawan, Karumkit Bhayangkara Tk II Medan Biddokes Polda Sumut, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabid Dokkes Polda Bali.

Penggantinya, AKBP dr Antonius Ginting, yang sebelumnya menjabat Karumkit Tk III Tebing Tinggi Biddokkes Polda Sumut.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja saat dikonfirmasi, membenarkan TR tersebut.

"Alih tugas dan jabatan di lingkungan Polri merupakan hal yang biasa dan proses manajemen SDM serta proses manajemen operasional fungsi Kepolisian," kata Tatan, Jumat (15/3/2019).

Tatan menjelaskan mutasi dilakukan sesuai kebutuhan dalam rangka pembinaan personel dan peningkatan kinerja untuk memenuhi kebutuhan dinamisasi organisasi Polri.

"Ini sekaligus untuk penyegaran organisasi serta pengembangan karir yang bersangkutan," jelas Tatan.

Untuk diketahui, Andry masih hitungan minggu menjabat Kabagbinkar Ro SDM Polda Sumut, sebelum akhirnya dipromosikan sebagai Kabidkum Polda Sumut.

Sebelum bertugas di Kabagbinkar Ro SDM, Andry adalah Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadir Reskrimum) Polda Sumut.

Beberapa jabatan juga pernah dia emban, diantaranya Kabag Binops Roops Polda Sumut dan Wadir Pamobvit Polda Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebelum ditugaskan ke NTT, Andry pernah dua kali dipercaya sebagai Kapolres, yakni di Samosir dan Mandailing Natal (Natal).

Jabatan Kapolres Samosir dia dapatkan setelah bertugas sekitar dua tahun sebagai Kasubdit III/Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut.(EVi) 

Berita Lainnya

Index