Sesalkan Pengancaman Dan Penghinaan Wartawan, Ini Tanggapan Praktisi Hukum

Sesalkan Pengancaman Dan Penghinaan Wartawan, Ini Tanggapan Praktisi Hukum
Praktisi Hukum Sumatera Utara M Yasir Silitonga SH MH

BELAWAN, (PAB) ----

Prilakunya arogan dua oknum Security Satuan Tugas (Satpam)  Pelindo I, Ewin dan rekannya disesalkan banyak pihak,  tak terkecuali hal itu ditanggapi Praktisi hukum yang meminta Polres Pelabuhan Belawan agar bertindak tegas terhadap laporan awak media yang mendapatkan pengancaman dan penghinaan terhadap Pekerja pers.

Praktisi Hukum Sumatera Utara M Yasir Silitonga SH MH mengatakan tindakan yang dilakukan oknum petugas keamanan PT Pelindo Cabang Belawan bernama Erwin berbanding terbalik dengan tugas pokok yang seharusnya menciptakan keamanan.

Sangat disesalkan, petugas keamanan itu tidak memiliki etika dalam menjalankan tugasnya.

"Dalam hal ini, kita minta Kapolres Belawan segara bertindak tegas atas laporan tersebut. Sehingga hal serupa tidak lagi terjadi terhadap awak media yang mendapat pengancaman saat melakukan peliputan," tegas M Yasir Silitonga SH MH.Rabu (13/3/19). 

Apalagi, awak media dalam menjalankan tugasnya telah dilindungi Undang-Undang Pers. 

Dijelaskanya, pengancaman terhadap insan pers 
merupakan pelanggaran Hak Azasi Manusia dan mengancam kebebasan demokrasi Indonesia. 

"Oleh karenanya, Polres Belawan diminta merespon laporan dalam kaitan pengancaman wartawan dan memproses hukum pelaku," jelasnya. 

Selain itu, Yasir menegaskan, pihak PT Pelindo Belawan harus pro aktif dalam menindak Satuan pengamanan (Satpam) yang tidak memiliki etika dalam melaksanakan tugas pokoknya dalam melakukan pengamanan. 

"Sekali lagi kita tegaskan kepada Direksi PT Pelindo Belawan untuk memberikan bimbingan  terhadap petugas keamanan tersebut. Agar kedepanya tidak terjadi pengancaman terhadap awak media yang sedang melakukan peliputan," tegasnya. 

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Belawan, AKP Jerico Lavian Chandra yang dikofirmasi perihal laporan pengancaman wartawan hanya berkomentar singkat. 

"PT Pelindo Cabang Belawan sudah kita lakukan pemanggilan untuk pemeriksaan," katanya.(Surya atm)

Berita Lainnya

Index