Soal Keluhan Warga, Tim Dinas LH Sergai Tinjau Kondisi Sungai Matapao 

Soal Keluhan Warga, Tim Dinas LH Sergai Tinjau Kondisi Sungai Matapao 

SERGAI,(PAB)----

Rombongan tim dinas lingkungan hidup bersama pihak kecamatan Teluk mengkudu, Kabupaten Serdangbedagai, Provinsi Sumatera Utara, akhirnya  meninjau kelokasi Sungai Matapao. 

Dimana sebelumnya warga masyarakat sekitar, khususnya Desa Leberia, Kecamatan Teluk mengkudu, Sergai sangat resah adanya air sungai Matapao yang berubah menjadi  berwarna hitam dan mengeluarkan aroma busuk yang diduga dicemari air limbah.

Dalam tinjauan tersebut turut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Safrial Budi di wakili tim dinas LH Sergai Kasi PPSL Eko Wardah Ningsih, SKM, Kasi PKDL Marlen Sipayung, MKM, Kasi PHL Mulya Hadi SP, Pelaksana Syafriadi, S.Pi dan Camat Teluk Mengkudu, Romian Parulian Siagian S.STP, Kasi Trantib Kecamatan dan Perwakilan Kepala Desa Leberia.

Terlihat rombongan tim dinas lingkungan hidup langsung melakukan survey dan melakukan pengambilan foto(gambar)maupun simpel air sungai Matapao tersebut.

Kemudian tim dinas LH juga mencari keterangan beberapa warga sekitar untuk mencari  penyebab air sungai Matapao berubah menjadi warna hitam dan mengeluarkan aroma busuk.

Selain itu tim lingkungan hidup juga melakukan survey sungai Matapao mulai perbatasan wilayah kecamatan Seirampah sampai wilayah kecamatan teluk mengkudu dan mengukur dengan memakai kordinat wilayah.

" Setiap hari kita pak merasahkan menghirup udara busuk yang sangat sengat  di sungai ini, kalau air berubah menjadi berwarna hitam ya sudalah menguaplah air sungai ini." Ucap warga dilokasi berbincang sama tim rombongan LH Sergai

Lanjut warga, Ini air sudah kembali normal namun lihatlah pak, walaupun air belum berubah menjadi warna hitam namun baunya luar biasa."Tambah warga dilokasi 

Hal serupah dikatakan perangkat desa Leberia juga menyampaikan bahwa sungai ini yang selalu mengeluarkan aroma busuk, bahkan air sungai ini bisa berubah menjadi berwarna hitam. Kalau sungai disini ada dua.

Namun hanya sungai ini saja yang selalu mengeluarkan aroma busuk maupun berubah airnya berwarna hitam yang selalu warga sekitar menjadi  komplin.

Ia menambahkan, " Bukan kali ini saja masyarakat resahnya, sebelumnya sudah pernah serupa terjadi seperti ini, air berubah berwarna hitam dan mengeluarkan aroma busuk yang dugaan dari pabrik kilang ubi, karna air mengalir  dari atas sana" ya pastinya dari sana."ucapnya warga kepada Gosumut dilokasi 

Camat Teluk Mengkudu, Romian Parulian Siagian S.STP kepada Gosumut dilokasi mengatakan dirinya berharap keluhan dari masyarakat khususnya Desa Leberia, Kecamatan Teluk Mengkudu dapat dicarikan solusinya." Ucap Romian Parulian Siagian S.STP

Sementara itu, Kasi Penegak Hukum Lingkungan(PHL) Mulya Hadi SP kepada Gosumut dilokasi mengatakan Saat ini kita akan terus melakukan upaya untuk mencari penyebab aliran air sungai Matapao ini yang berubah menjadi berwarna hitam dan mengeluarkan aroma busuk.

" Kita cari dulu Asal-usul aliran sungai ini. Ataukah dari aliran limbah perusahan maupun tidak. Kita juga tidak mau mengadah- adah terhadap pihak perusahan,  karna kita belum tahu beberapa perusahan pengelolah ubi disana. Secepatnya Nanti kita kasih keterangan lebih lanjut." Ucap Kasi PHL Mulya Hadi dilokasi.(Bambang/tim)

Berita Lainnya

Index