Rusia Uji Rudal Balistik

Rusia Uji Rudal Balistik

Moskow, (PAB)>>>

Militer Rusia melakukan serangkaian uji coba rudal balistik antarbenua pada Rabu (12/10), sementara ketegangan dengan Amerika Serikat meningkat terkait Suriah.

Pasukan Rusia menembakkan roket berkemampuan nuklir dari kapal selam Pacific Fleet di Laut Okhotsk di sebelah utara Jepang menurut siaran kantor berita pemerintah RIA Novosti.

Rudal Topol ditembakkan dari sebuah kapal selam di Laut Barents, dan rudal ketiga diluncurkan dari sebuah tempat terpencil di barat laut negara itu menurut laporan kantor berita Rusia.

Unjuk kekuatan terbaru Rusia, yang sudah melakukan latihan militer rutin sejak hubungan dengan Barat renggang pada 2014 terkait Ukraina, dilakukan saat ketegangan meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Rusia membatalkan sejumlah kesepakatan dengan Amerika Serikat, termasuk pakta pelucutan senjata antara dua negara kekuatan nuklir itu untuk menyingkirkan plutonium kelas senjata, karena Washington menghentikan pembicaraan tentang Suriah.

Kremlin juga memindahkan sistem rudal pertahanan udara dan kapal penjelajah rudal ke negara bergolak Suriah untuk memperkuat pasukannya di sana.

Langkah tersebut dilakukan sementara negara Barat menuduh Moskow melakukan kejahatan perang dalam pengeboman di bagian kota Aleppo yang dikuasai pemberontak untuk mendukung serangan pasukan rezim, demikian menurut warta kantor berita AFP. (Rdt)

Berita Lainnya

Index