Damai Itu Indah, Kapolres Pelabuhan Belawan Mediasi Umat Masalah Rumah Ibadah

Damai Itu Indah, Kapolres Pelabuhan Belawan Mediasi Umat Masalah Rumah Ibadah
Foto: Surya Atmaja

BELAWAN, (PAB)----

Aksi protes keberatan Masyarakat terkait rumah pribadi di buat rumah ibadah tanpa adanya surat ijin pada hari Sabtu (19/1/2019) kemarin.

Polres Pelabuhan Belawan dan Jajaran bersama muspika mengadakan memediasi pertemuan antar warga perumahan Griya Martubung Blok 8 Lingkungan 20 Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan di Aula Wira Setya Polres Pelabuhan Belawan.Selasa (15/1/2019)

Dalam pertemuan ini dihadiri Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan SH, MH, Kapolsek Medan Labuhan Kompol Rosyid Hartanto SH, MH, SIK, Camat Medan Labuhan Rahman Pane, Lurah Besar, FKUB Medan, Pendeta GBI Jan Saragih, dan sejumlah warga blok 8 Lingkungan 20 Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan.

Camat Medan Labuhan, Rahman Pane mengatakan, pertemuan ini adalah untuk mencari solusi serta perdamaian diantara warga.

” Kami dari Kecamatan tak ada mempersulit urusan izin rumah ibadah maupun sekolah, ” tegas Rahman

Kapolsek Medan Labuhan Kompol Rosyid Hartanto SH, SIK, MH mengatakan pihaknya jauh hari sebelumnya sudah membuat pencegahaan guna menjaga Kamtibmas.

“Tidak ada aksi penyerangan pada saat kejadian pada (13/1/2019 ) kemaren melainkan aksi unjukrasa, demontrasi warga ,” tegas Rosyid.

Rosyid mengaku memiliki hak memberikan penjelasan pada publik guna menciptakan situasi yang kondusif yang sifatnya menenangkan warga dan statement saya itu dilindungi undang-undang.

"Keberadaan lokasi Gereja disana tak layak sesuai tata ruang karena letaknya berada persis dalam komplek perumahan makanya kami setuju dan mendukung dicari lokasi baru yang lebih layak lagi dan kita siap memfasilitasinya,” sambung Rosyid. 

Kemudian, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan SH, MH mengatakan pertemuan ini diadakan guna mencari solusi dalam menciptakan situasi Kamtibmas Kondusif atas adanya permasalahan yang timbul di masyarakat terkait keberadaan rumah Ibadah Gereja di Blok 8 Lingkungan 20 Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan.Jelasnya

Ikhwan mengingatkan para warga Muslim dan jemaat Gereja untuk saling menjaga situasi kondusif apalagi saat ini menjelang Pemilu 2019.

“Saya juga ingatkan para awak media agar menyajikan berita yang berimbang dalam persoalan ini atau tidak berat sebelah sehingga dapat memberikan informasi yang sejuk dan bukan provokasi atau menyebar berita Hoax,” ucap Ikhwan

Usai pertemuan akhirnya warga Lingkungan 20 Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan sepakat menjalin perdamaian. (Surya atm)

Berita Lainnya

Index