Hadapi Malam Tahun Baru 2019, Ini 2 Lokasi Car Free Night di Pekanbaru

Hadapi Malam Tahun Baru 2019, Ini 2 Lokasi Car Free Night di Pekanbaru
Penerapan Car Free Night dan rute pengalihan arus lalu lintas jalan Sudirman depan MTQ pada malam pergantian tahun, Senin (31/12/2018) mendatang (Dok Satlantas Polresta Pekanbaru)

PEKANBARU,(PAB)----

Tepat pada malam pergantian tahun, Senin (31/12/2018) mendatang, petugas dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pekanbaru bakal memberlakukan Car Free Night.

Setidaknya ada dua lokasi Car Free Night pada malam tahun baru nanti.

Diantaranya Jalan Diponegoro - Gajah Mada serta area Purna MTQ Jalan Jenderal Sudirman.

Dua lokasi ini disetiap tahunnya memang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat yang ingin merayakan malam pergantian tahun.

Ini artinya, di dua lokasi ini kendaraan bermotor dilarang untuk melintas.

Untuk ruas Jalan Diponegoro - Gajah Mada, arus lalu lintas dari arah Jalan Jenderal Sudirman yang mengarah ke Jalan Gajah Mada akan ditutup.

Penutupan juga dilakukan di ruas Jalan Diponegoro, mulai dari U-Turn Jalan Petala Bumi, hingga di Jalan Diponegoro - Ronggo Warsito dan depan Gedung Dharma Wanita.

Disamping menyiapkan lokasi area bebas kendaraan, Satlantas juga menyiapkan dua lokasi bagi para pedagang yang hendak berjualan.

Lokasi pertama mulai dari Tugu Bambu Runcing Jalan Hangtuah, akan ditutup hingga ke Jalan Diponegoro tepatnya di U-Turn depan Jalan Petala Bumi.

Kemudian lokasi pedagang yang kedua disiapkan mulai dari depan gedung Dharma Wanita Jalan Diponegoro akan di tutup hingga ke Jalan Patimura (Tugu Keris).

Selain itu, lokasi parkir kendaraan diarahkan ke ruas jalan Siberut, Jalan Tarempa, Jalan Sambu, Jalan Tambelan.

Kemudian area Car Free Night kedua di Purna MTQ Jalan Sudirman, Satlantas akan melakukan penutupan arus lalu lintas di depan purna MTQ yang memakai badan Jalan Jenderal Sudirman.

Arus di Jalan Sudirman yang mengarah ke Selatan (bandara) akan dialihkan memasuki Jalan Parit Indah.

Sebaliknya arus lalin di Jalan Jenderal Sudirman dari arah Selatan mengarah ke Utara (pusat kota) akan di alihkan melalui Jalan Arifin Ahmad.

Lalu, lahan parkir untuk area ini juga sudah disiapkan. Yaitu di dalam areal Purna MTQ masuk melalui pintu belakang dan Venue Takraw.

Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru AKP David Richardo, Sabtu (29/12/2018) menjelaskan, Car Free Night akan mulai diberlakukan sejak pukul 21.00 WIB.

"Untuk malam tahun baru kita kerahkan semua personel. Setiap simpul jalan kita tempatkan personel. Ada sekitar 60 orang," ungkapnya.

David mempersilakan kepada masyarakat yang ingin hadir di area Car Free Night.

"Silahkan bagi masyarakat yang ingin hadir, namun kami imbau untuk tetap mematuhi peraturan," ujarnya.

"Hal tersebut (Car Free Night) kita berlakukan, termasuk adanya pengalihan arus, semata-mata demi memberi kelancaran dan kenyamanan bagi masyarakat dalam menikmati malam tahun baru," tambah dia lagi.

Kemudian dia menambahkan, sesuai surat edaran dari Gubernur Riau, masyarakat diminta untuk tidak menyalakan kembang api, petasan, dan peniupan terompet.

Kemudian hendaknya mengisi malam tahun baru dengan ibadah, sesuai ajaran agama masing-masing.

"Hindari tindakan yang bisa mengganggu keamanan, ketertiban, dan ketentraman masyarakat," tandasnya. (*)

Artikel berita sudah terbit di media tribunriau dengan judul: 2 Lokasi Car Free Night di Pekanbaru Malam Tahun Baru 2019, Ini Rute Pengalihan Arus Lalu Lintasnya

Berita Lainnya

Index