Polisi Inovatif, Kombes Muhammad Sabilul Alif Terima Ganjaran Penghargaan KPAI

Polisi Inovatif, Kombes Muhammad Sabilul Alif Terima Ganjaran Penghargaan KPAI
Kombes Pol. H. Muhammad Sabilul Alif, SH, SIK, M.Si.

TANGGERANG,(PAB)----

Ketua Nasional Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Arist Merdeka Sirait dalam waktu dekat ini akan memberi ganjaran penghargaan kepada Polisi yang miliki segudang Prestasi. Polisi yang mengukir prestasi dengan Inovasi Kreatif (Inovatif) Kombes Pol. H. Muhammad Sabilul Alif, SH, SIK, M.Si. adalah figur kebanggaan Polri yang dibidik Komisi Perlindungan Anak karena menyimpan segudang prestasi inovatifnya.

Tidak diragukan lagi, dimanapun Kombes Pol. H. Muhammad Sabilul Alif ditugaskan pimpinan Polri, pria Kelahiran Gresik, 27 Juni 1975 ini selalu mengukir prestasi membangun Negeri.

Bahkan sampai saat dirinya menjabat Kapolres Kota Tangerang, Polda Banten, lagi- lagi dirinya menjadi pusat perhatian media dan masyarakat, bagaimana tidak, hampir semua program inovatifnya sukses dan tidak sedikit setiap kasus yang ditanganinya viral.

Ini bukti- bukti deretan Inovasi yang terungkap pada rekaman jejak prestasi terangkum di Google, mulai menjabat Kepala SPKT hingga Kapolres Jember.

Kepala SPKT Polda Jatim. 

Menjabat kepala SPKT Polda Jawa Timur (Jatim), Muhammad Sabilul Alif, menggagas Aplikasi Jawa Timur dalam Genggaman Berbasis Satu Desa Satu Polisi, gagasannya itu di resmikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Kapolri pada Juni 2012. Aplikasi ini tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia(MURI) dan mendapat HAKI.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya.

Menjabat sebagai Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, Muhammad Sabilul Alif memikiki inovasi terobosan dalam bidang lalu lintas, sebagai langkah pendekatan kepada masyarakat, yang meliputi KALKIR (Kanalisasi Lajur Kiri), JEMBATAN MERAH (Jangan Menerobos dan Menghambat Lampu Merah), STMJ (Surabaya Taat Marka Jalan), SLAMAN SLUMUN SLAMET dan RANSEL (Kendaraanku Sehat dan Lengkap). 

Selain itu, dalam Aksi keselamatan dijalan melalui penindakan kendaraan R2 yang tidak sesuai spesifikasi teknis di malam pergantian tahun 2012-2013, tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan jumlah penindakan tertinggi dengan menindak 1131 motor dalam waktu 4 jam.

Kapolres Bondowoso

Menjabat Kapolres Bondowoso, Muhammad Sabilul Alif membuat inovasi pendekatan terhadap masyarakat yang terangkum dalam tema slogan "BONDOWOSO KOTA TAPE" yang mengacu pada terwujudnya Bondowoso yang Tertib, Aman, Proaktif dan Peduli serta Religius. 

Pelaksanaan dari inovasi ini antara lain POS TAPE(Polisi Siaga Setiap Pagi), POS SAGITA (Polisi Sabtu Sinergi dan kemitraan dengan Masyarakat), BESEK TAPE (Bersama Polisi Ciptakan Keamanan Tanpa Anarki dan Pelanggaran) serta POS KHIDMAT (Polisi Khotib/Ceramah Sholat Jumat)

Kapolres Jember

Selama menjabat sebagai Kapolres Jember, Ia membuat rangkaian inovasi pendekatan yang terangkum dalam 9 Karya Utama (Nawa Karya Tama) Meliputi POS PROLTAPE (Polisi Patroli Tiap Pagi dan Sore), POS WEDANG COR (Polisi Warga Cangkrukan dan Koordinasi), POS PAPUMA(Polisi Peduli Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa), POS JAGUNG (Polisi Peduli Pekerja dan Pengangguran), POS KHIDMAT ( Polisi Ceramah Kamtibmas Setelah Sholat Jumat), POS PERWIRA (Polisi Peduli Pariwisata dan Dunia Kreatif), POS PURNA (Polisi Peduli Perempuan dan Anak), POS SAGITA (Polisi Setiap Hari Sinergi dengan Masyarakat), POS JEMPOL (Polisi Jember Online). Khusus Jember Police Online Ia membuat beberapa inovasi dibidang Teknologi Informasi (TI) antara lain Aplikasi WAR (We Are Ready) Polres Jember, SP2HP Online dan Aplikasi Criminal Justice Sistem (CJS) : Sistem Informasi Perkara Terpadu (SIAP Terpadu) yang mengorganisasikan perkara pelanggaran hukum mulai dari Polres (Case Organizer Program) , Pengadilan ( Ijin Sita/Geledah Online), Kejaksaan (SPDP Online) dan Lembaga Pemasyarakatan (Informasi Narapidana Online).

Kapolres Tanggerang

Tak hanya sampai disitu, kala diamanahkan menjadi Kapolres Kota Tangerang, Pria yang akrab disapa Alif ini langsung tancap Gas dan Membuat Program "TANGERANG JAWARA" yang artinya Jadikan Wilayah Aman, Nyaman, Ramah dan Kreatif yang telah diabadikan dalam Buku Tangerang Jawara yang didalamnya terdapat 8 Program Unggulan.

"Diantara Program Tangerang Jawara yang kami luncurkan ada Program Pos Purna yang artinya Polisi Peduli Perempuan dan Anak, kerena Negara harus hadir dalam melindungi Perempuan dan Anak dimana kasus perempuan dan Anak mendominasi di semua wilayah", ujar Muhammad Sabilul Alif.

Atas Inovasinya kali ini, Kapolres Kota Tangerang akan segera menerima ganjaran Penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak yang dipimpin Arist Merdeka Sirait, dan dari Imaculata Award dari Pimpinan Imaculata Austm Boarding School yang juga Bunda Anak Autis Indonesia, Dr. Imaculata Umiyati, S.Pd, M.Si., yang sereminialnya akan dilaksananya dalam waktu dekat setelah cuti libur bersama Natal dan Tahun Baru 2019.

Selanjutnya, rangkuman deretan Judul Karya Buku Kombes Pol. H. Muhammad Sabilul Alif, SH, SIK, M.Si. antara lain sebagai berikut : Polda Jawa Timur Hanya Dalam Satu Genggaman, Iki Suroboyo Rek Tertib Lalulintase, Menggapai Mimpi Masyarakat : Memimpin dengan Harapan, Jember Suwar Suwir (Jember Suasana Warga yang Aman, Religius, Bersahabat, Berwawasan Intelektual dan Kreatif), From Jember to Our Nation Never Ending Innovation, Down To Earth Catatan Abdi Bhayangkara di Bumi Pandalungan, Sabilul Alif dan Orang Jember,Tangerang Jawara, Tak Hanya Sabda di Balik Meja, Amar Ma'ruf Nahi Munkar, Jejak Ulama dan Pejuang Tangerang dan Teroris Gak Punya Cinta.(Evi)

Berita Lainnya

Index