Selama 3 Hari Antisipasi Kebakaran, Pertamina EP Lirik Field Inhu Gelar Simulasi Tanggap Darurat

Selama 3 Hari Antisipasi Kebakaran, Pertamina EP Lirik Field Inhu Gelar Simulasi Tanggap Darurat
Mengantisipasi terjadinya kebakaran dilokasi operasi perusahaan, Pertamina EP Asset 1 Lirik Field di Kabupaten Indragiri Hulu menggelar simulasi tanggap darurat pemadam kebakaran.

RENGAT,(PAB)----

Antisipasi terjadinya kebakaran dilokasi operasi perusahaan, Pertamina EP Asset 1 Lirik Field di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) gelar simulasi tanggap darurat pemadam kebakaran di tiga lokasi wilayah operasi Pertamina EP Asset 1 Lirik Field selama tiga hari sejak Senin (17/12/18) dan selesai hari ini, Kamis (20/12/18).

Pertamina EP Asset 1 Lirik Field Manager, Tedjo Sumantri, mengatakan Simulasi tanggap darurat diikuti sekitar 45 personil yang tergabung dalam Tim Operasi Keadaan Darurat (TOKD), kegiatan pelatihan tanggap darurat pemadam kebakaran (fire drill) difokuskan pada pemadaman tanki minyak dan lokasi rig saat di sumur produksi minyak.

"Pada kesempatan ini juga difokuskan penggunaan fix fire monitor dan fire truck dalam simulasi kebakaran, karena dengan penanganan yang tepat dan cepat, potensi kerugian akibat kebakaran dapat diminimalisir.” ujarnya.

Kegiatan ini digelar sebagai salah satu prosedur tanggap darurat akan adanya potensi kebakaran.

Pertamina EP Asset 1 Lirik Field memahami pentingnya kesigapan para personil di lapangan saat terjadi kejadian emergency seperti kebakaran. Terlebih dalam menghadapi libur panjang dan cuti bersama, kelengahan dapat menjadi salah satu potensi bahaya.

"Selain melaksanakan kegiatan fire drill di lapangan, Pertamina EP Asset 1 Lirik Field juga rutin memberikan pelatihan pemadaman api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) maupun fire blanket kepada masyarakat di Kecamatan Lirik, Kabupaten Inhu seperti yang telah dilakukan di Puskesmas Kecamatan Lirik pada bulan lalu," ungkap Tedjo.

Simulasi tersebut terbagi dalam tim kecil personil TOKD berhasil menyelesaikan misi pemadaman kebakaran dengan sempurna tanpa ada kecelakaan, sesuai dengan pelatihan yang telah diberikan selama ini mengingat kegiatan fire drill merupakan salah satu agenda wajib yang ditetapkan Pertamina EP Asset 1 Lirik Field untuk dilaksanakan secara berkala.

Tedjo menambahkan, perlu keseriusan dan kehati-hatian dalam setiap tindakan pemadaman karena kesalahan kecil dapat berakibat fatal bagi para personil.

“Ketegasan perusahaan dalam menyikapi aspek Health Safety Security & Environment (HSSE) sangat jelas, dan kegiatan ini merupakan salah satu implementasi nyata di lapangan. Sehingga kehandalan operasional dan keselamatan personil perusahaan tetap terjaga.” jelasnya.(*)

Berita Lainnya

Index