Wali Kota Medan Pimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional ke -54

Wali Kota Medan Pimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional ke -54

MEDAN,(PAB)----

Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si., M.H memimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional ke -54 tahun 2018 tingkat Kota Medan di Kantor Wali Kota Medan, Senin (19/11/18). Upacara Hari Kesehatan Nasional ini dirangkaikan dengan Upacara Hari Kesadaran Nasional.

Upacara diawali dengan Penaikkan Bendera Merah Putih yang diiringi lagu Indonesia Raya. Selain itu upacara juga ditandai dengan pemberian piagam penghargaan oleh Wali Kota Medan kepada Dokter Teladan, Puskesmas Berprestasi serta Sertifikat kepada Rumah Sakit, Perusahaan dan pemenang lomba dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke- 54 tahun 2018.

Dalam membacakan Sambutan Menteri Kesehatan, Wali Kota mengatakan Hari Kesehatan Nasional yang kita peringati setiap tanggal 12 November pada tahun ini mengambil tema "Aku Cinta Sehat dengan Sub tema " Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita". Artinya tema ini sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat( Germas) dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), yang menekankan pada upaya promotif dan preventif sebagai pendekatan pembangunan Kesehatan.

"Pelaksanaan Germas harus dimulai dari diri kita sendiri, kemudian Keluarga tatanan masyarakat dan seluruh komponen bangsa" kata Wali Kota.

Menurut Wali Kota, Indonesia sekarang saat ini sedang mengadapi transisi epidemiologi. Artinya terkait dengan penyakit kita menghadapi tiga beban penyakit dan telah bergeser menjadi dari penyakit menular ke penyakit tidak menular. Sedangkan permasalahan gizi Indonesia menghadapi beban ganda.

"Kita harus menyadari bahwa tantangan kedepannya semakin berat dan kompleks. Saya berharap muncul berbagai inovasi baik di tingkat pusat maupun daerah sampai dengan Puskesmas guna menyelesaikan berbagai tantangan pembangunan kesehatan yang sedang kita hadapi", ujar Wali Kota.

Sementara itu Piagam penghargaan Kategori Dokter Teladan Nasional diberikan kepada , Dr Jusup Paska Ginting, Puskesmas Berprestasi diberikan kepada Puskesmas Sentosa Baru, Kategori Rumah Sakit diberikan kepada Rumah Sakit Murni Teguh, Rumah Sakit Siloam dan Rumah Sakit Royal Prima, kategori Perusahaan diberikan kepada PT Sinar Deli Lestari Indah dan Bank Sumut sedangkan juara lomba diberikan kepada Wartawan Sumut Pos dan Wartawan Harian Tribun.(Rosen)

Berita Lainnya

Index