Eldin Hadiri Deepavali sekaligus Resmikan Litte India Kota Medan

Eldin Hadiri Deepavali sekaligus Resmikan Litte India Kota Medan
Gunting pita: Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si saat meresmikan Litte India Kota Medan

MEDAN,(PAB)----

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si menghadiri Perayaan Deepavali 5120 Kaliyuga, Sabtu (27/10/17) malam, dalam perhelatan yang dihadiri Dubes India Pradeep Kumar Rawat, Konsul Jenderal India Dr. Shalia Shahm dan Ketua Umum Gema Sadhana AS Kobalen, M.Phil, serta para tokoh agama Hindu Medan.

Dalam kegiatan itu, Eldin juga meresmikan "Litte India Kota Medan" yang berlokasi di kawasan tempat acara berlangsung di Jalan Zainul Arifin, Kampung Madras tersebut.

Perayaan Deepavali yang dihelat Gema Sadhana ini berlangsung meriah. Warga Hindu di Kota ini pun memadati lokasi acara untuk mengikuti dan menyaksikan rangkaian acara yang telah dipersiapkan panitia.

Berbagai kesenian khas India seperti tarian tradisional dan musik India dipertunjukkan guna menghibur pengunjung yang hadir.

Dengan mengusung tema _"Melalui Ragam Budaya & Kebhinekaan, Kita Tingkatkan Pariwisata Nusantara"_, acara ini dapat melestarikan kerukunan umat beragama di Medan sekaligus memperkaya atraksi wisata di ibu kota Sumatra Utara ini.

Kehadiran orang nomor satu di Kota Medan ini disambut dengan tarian khas India. Selain itu, panitia juga menyelempangkan kain tradisional India kepada Wali Kota.

Eldin dalam sambutannya mengatakan perayaan Deepavali sebagai festival perayaan cahaya merupakan perayaan yang disambut meriah oleh penganut agama Hindu di seluruh dunia. Pelita sebagai sumber cahaya dalam perayaan Deepavali merupakan sebuah perlambang kejayaan kuasa kebaikan dalam mengalahkan kuasa kejahatan.

"Kemeriahan perayaan Deepavali yang diadakan malam ini menunjukkan tingginya tingkat toleransi antar umat beragama di negara kita, khususnya di Kota Medan, hal ini juga sangat sesuai dengan slogan bhineka tungga ika dan nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila," katanya.

Lebih lanjut Eldin menjelaskan dalam masyarakat Kota Medan yang multikultur dan majemuk, perlu suasana kehidupan yang saling menghargai, sama-sama memiliki kesetaraan hukum maupun dalam pemerintahan. Perbedaan budaya, kebiasaan dan adat istiadat haruslah dipandang sebagai potensi kekuatan bangsa yang diikat menjadi kekuatan nyata persatuan bangsa. Selain itu pula, secara sosiologis, masyarakat multikultur dan majemuk memerlukan pengakuan dan penghargaan secara lintas suku maupun budaya.

"Betapa pun kecilnya suatu etnis, mereka tetap mengharapkan pengakuan dan penghargaan sebagai entitas sosial dan sebagai warga bangsa, atas dasar itulah perayaan Deepavali ini diadakan sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan masyarakat Kota Medan akan keberadaan umat Hindu di Kota Medan, semoga kondisi seperti ini akan terus terjaga di Kota Medan." harapnya.

Peresmian Gapura Little India yang dirangkaikan pada Perayaan Deepavali ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota Medan, Dubes India Pradeep Kumar Rawat, dan Ketua Umum Gema Dadhana AS Kobalen, M.Phil. Setelah itu, ketiga juga melepaskan balin ke udara lalu diakhir dengan penandatanganan prasasti.

Melalui Little India Kota Medan  yang terletak di kawasan Kampung Madras ini potensi budaya India dapat lebih terekspose lagi, baik dari segi kuliner, kesenian, maupun kebudayaannya.

"Saya berharap masyarakat India yang berada di kawasan ini dapat menggelar kegiatan yang bersifat budaya dan kesenian asli India sehingga kawasan ini dapat menambah daftar objek wisata di Medan," ujar Eldin seraya berharap segala kesan buruk yang di kawasan ini dapat dihapuskan.

Sebelumnya, Duta Besar India, Pradeep Kumar Rawat, mengaku sangat kagum dengan kondusifnya hubungan antar umat beragama di Medan. Hal ini tampak dengan dimulai acara doa bersama dari berbagai pemuka agama. Menurutnya, konsep bhineka tunggal ika terealisasi dengan baik di Medan.

Dia juga mengucapkan selamat kepada Pemko dan masyarakat Medan. Dia mengaku mendengar Medan adalah kota pertama di Indonesia yang telah mempunyai Little India.(Rosen)

Berita Lainnya

Index