Benarkah Dana SPM TA 2016-2017 di Kembalikan ke Negara?

Direktur Polmed Akui Kutip Dana SPM tanpa Izin Menteri RistekDikti

Direktur Polmed Akui Kutip Dana SPM tanpa Izin Menteri RistekDikti
Situasi dalam kiat pertemuan Politeknik Negeri Medan bersama awak  media di Gedung Z, lantai II, kampus Polmed Kamis (18/10/18).

MEDAN,(PAB)----

Direktur Polmed, M.Syahruddin, S.T.,M.T., bersama para Wakil Direktur menyampaikan realisasi pengembalian dana Sumbangan Peningkatan Mutu ( SPM ) kepada mahasiswa angkatan 2018 yang hampir rampung 100 persen.

'' Dari total 1.106 mahasiswa Polmed gelombang I yang membayar dana SPM, kini tinggal 49 mahasiswa yang belum menerima pengembalian dana tersebut, atau secara persentase tinggal 4 persen lagi''. Ungkap Syahruddin dalam kiat pertemuan Politeknik Negeri Medan bersama awak  media di Gedung Z, lantai II, kampus Polmed Kamis (18/10/18).

Mengenai dana SPM Mahasiswa angkatan 2016, dan 2017 pihak Pimpinan Polmed mengaku telah memulangkan sisa dana SPM 1,4 Milyar ke kas Negara.

" Untuk Dana SPM tahun 2016 dan 2017 kita kembalikan ke kas Negara sebesar 1,4 Milyar sesuai akumulasi dari Saldo akhir''. tambah Wakil Direktur II, Abdul Rahman menjawab pertanyaan pab-indonesia.co.id.

Lanjut, Abd.Rahman, secara meyakinkan dapat membuktikan transfer 1,4 Milyar tersebut, namun bukti transfer tersebut hanya dapat diperlihatkan ke Lembaga Negara yang berwenang seperti BPKP dan Inspektorat.

Sedangkan untuk tahun angkatan 2019, Abd. Rahman menyampaikan dapat melakukan pengutipan SPM asal mendapat Izin Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi.

'' Untuk tahun depan, boleh saja diberlakukan pembayaran dana SPM kepada mahasiswa baru, asal seizin Menteri ''. Ujarnya.

Sebelumnya melalui Inspektorat Kemenristekdikti setelah melakukan audit, dan telah memerintah  Pimpinan Polmed untuk mengembalikan dana SPM yang terlanjur dikutip tahun 2016,2017 dan 2018.

Berdasarkan Permenristekdikti No.39 tahun 2016 pasal 8 berbunyi, PTN dilarang memungut uang pangkal dan atau uang lainnya dari Mahasiswa baru selain uang kuliah tunggal.(Tulus)

 

Berita Lainnya

Index