Bataliyon Arhanud 13/PBY Pekanbaru Latihan Menembak di Selat Bengkalis, Nelayan Diimbau Hati-hati

Bataliyon Arhanud 13/PBY Pekanbaru Latihan Menembak di Selat Bengkalis, Nelayan Diimbau Hati-hati
BENGKALIS,(PAB)----
 
Dibuka sejak hari Senin 24 September 2018 kemaren, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) dari Bataliyon Arhanud 13/PBY Pekanbaru gelar latihan menembak dengan menggunakan senjata berat.


Latihan nembak tersebut dipusatkan di laut selat Bengkalis, tepatnya di Pantai Desa Sepahat, kecamatan Bandar Laksemana, Kabupaten Bengkalis Riau. Dengan adanya latihan menembak yang dilaksanakan sejak Senin kemarin tersebut, TNI AD juga sudah melakukan himbauan bagi para nelayan, diantaranya Nelayan asal Bengkalis.

Sementara itu, Damdim 0303/Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto saat di konfirmasi Kamis 27 September 2018 membenarkan dengan adanya latihan menembak tersebut.

"Benar, demi alasan keamanan. Karena daerah tersebut sedang berlangsung latihan menembak senjata berat oleh Yon Arhanud 13/PBY dan latihan tersebut ditutup pada hari Jumat besok. Latihan menembak ini dimulai dari pukul 07.00 sampai 17.00 Wib serta himbauan kepada para nelayan juga sudah disampaikan melalui Danramil Bukit Batu," ungkap Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto

Lanjut Dandim lagi, latihan penembakan menggunakan senjata Berat Yon Arhanud 13/PBY Pekanbaru ini, sebelumnya untuk kegiatan persiapan yang dilakukan satuan Yonarhanud 13/PBY (Parigha Bhuana Yudha) diantaranya meninjau lokasi tempat latihan tempat posisi senjata berat Yonarahanud 13/PBY.

"Selain meninjau untuk latihan menembak, kita juga meninjau untuk lokasi tempat sasaran tembak ke arah laut yang relatif aman. Sebelumnya satuan Yonarhanud sudah melaksanakan koordinasi dengan Pemerintah setempat atau Instansi terkait, guna keamanan dan Kelancaran latihan,"ungkap Dandim lagi.

Diutarakan Damdim 0303/Bengkalis lagi, latiham menembak dengan menggunakan senjata berat tersebut diantaranya, senjata jenis Meriam Kaliber 57 mm S-60/T.AKT sebanyak 3 buah Meriam. Jenis Munisi yang digunakan Munisi Meriam Kaliber 57 mm sebanyak 200 Butir.

"Untuk hari ini latihan penembakan sekitar 50 butir. Jarak capai senjata Arhanud 13/PBY 12 Km. Dan Jarak Efektif 6 Km. Disamping itu, sekenario latihan Yon arhanud 13/PBY adalah pesawat musuh yang melintas diwilayah selat Bengkalis tertangkap radar KOSEKHANUDNAS III Medan," ungkapnya.

Lanjutnya, sesuai perintah Pangkosek III Medan melalui Pangdam I/BB memerintahkan satuan Yon Arhanud 13/PBY untuk melaksanakan penembakan terhadap pesawat yang melintas di udara diatas perairan Laut Selat Bengkalis.

Kemudian, Yonarhanud 13/PBY menyiapkan 3 buah Meriam jenis 57 mm S-60/T.AKT dan Munisi Meriam Kaliber 57 MM sebanyak 200 butir.(riaugreen)

Berita Lainnya

Index