Danrem 022/PT Hadiri Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Mantap Brata Toba

Danrem 022/PT Hadiri Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Mantap Brata Toba

SIMALUNGUN (PAB)----Danrem 022/Pantai Timur hadiri Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Mantab Brata Toba-2018, Rabu (19/09/2018) pukul 08.00 WIB bertempat di Lapangan H. Adam Malik Kota Pematangsiantar. Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Pematangsiantar AKBP Doddy Hermawan, SIK, Perwira Upacara Kasat Lantas AKP Hendro Wibowo, SIP, MM, Komandan Upacara Kapolsek Marihat Rudi Hartono Lapian. Peserta upacara TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, Dinas Kesehatan, Bankom dan Saka Bhayangkara.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Pematangsiantar yang diwakili oleh Asisten II Drs. M. AKHIR HARAHAP, Danrem 022/PT KOLONEL INF. RADEN WAHYU SUGIARTO, SIP. MHan, Dandim 0207/SML LETKOL INF. ROBINSON TALUPADANG, SIP, Mewakili Dandenpom I/1 Pematangsiantar LETTU CPM BUDI DAMANIK, Danki Brimob Subden 2/B Pematangsiantar AKP YUDYANA SYAHPUTRA, SH, Mewakili Kajari Kota Pematangsiantar Kasi Intel Kejari Kota Pematangsiantar HARY PALAR, SH, MH, Ketua DP. MUI Kota Pematangsiantar Drs. M. ALI LUBIS, Pimpinan Pondok Pesantren Darusallam KH. M. BAKRI AL KHOLIDI, LC, Kepala Cabang PT. JASARAHARJA Kota Pematangsiantar TAUFIK F. ISKANDAR, SE. Wakapolres Pematangsiantar Kompol Joni Sitompu, SH dan Para PJU Polres Pematangsiantar. Dalam amanatnya Kapolres Pematangsiantar AKBP Doddy Hermawan, SIK membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D mengatakan bahwa Operasi Mantap Brata 2018 akan berlangsung selama 397 hari terhitung mulai 20 September 2018 hingga 21 Oktober 2019. Operasi yang digelar dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2019 ini melibatkan 272.886 personil Polri dan dibantu unsur TNI dan stakeholder lainnya. Operasi ini diselenggarakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kuratif, dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk Satuan Tugas Tingkat Pusat, Tingkat Daerah, dan Tingkat Polres.

 

Kapolri mengatakan Polri berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 agar dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai. Berbagai potensi kerawanan telah dipetakan untuk dilakukan upaya penanganan secara profesional dan berkelanjutan. “Keberhasilan Polri, TNI, dan seluruh elemen dalam pengamanan Pemilu tahun 2014, serta Pilkada serentak tahun 2015, 2017, dan 2018, menjadi salah satu referensi penting dalam pengamanan Pemilu tahun 2019,” kata Kapolri. Dalam amanatnya, Kapolri juga menekankan perkuat soliditas dan sinergitas TNI Polri guna guna mewujudkan Pemilu yang aman, lancar, dan damai. Menjaga netralitas, Kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini, dorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan massa pendukungnya, Pemda, media, tokoh masyarakat, serta pengawas Pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

Selain itu, gelorakan deklarasi Pemilu damai di masing-masing wilayah dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu, Susun rencana pengamanan secara detail dan laksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan, termasuk dalam menghadapi situasi kontinjensi; Lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, baik terhadap dugaan tindak pidana Pemilu yang diselenggarakan melalui Sentra Gakkumdu, maupun potensi pelanggaran hukum lainnya, guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif. (Red/MS)

Berita Lainnya

Index