Gubernur Kepri Hadiri Kenduri Laut di Belakang Padang

Gubernur Kepri Hadiri Kenduri Laut di Belakang Padang
Nurdin Basirun saat menghadiri kenduri Laut di Belakang Padang

BATAM,(PAB)---
Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) H. Nurdin Basirun mengatakan kearifan lokal masyarakat di pulau-pulau Kepulauan Riau harus dikemas untuk kepariwisataan.

Banyak yang bisa dijual, sehingga wisatawan akan mencatat kapan mereka harus hadir di Kepri untuk menikmati kemeriahan tradisi lokal. “Harus terus dibangun sinergitas dunia pariwisata yang menghubungkan kearifan lokal yang diperkuat masyarakat pulau. Banyak yang ingin tahu tradisi dan budaya kita,” kata Nurdin saat menghadiri Kenduri Laut Masyarakat Laut di Mongkol, Belakangpadang, Kota Batam, Minggu lalu (9/9).

Kenduri Laut yang diselenggarakan ini begitu semarak. Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Reviato juga hadir pada acara tersebut. Hadir juga Wakapolda Brigjend Pol Yan Fitri Halimansyah, Wakil Wali Kota Batam H Amsakar Ahmad, dan Anggota DPR RI Dwi Ria Latifah. Mereka dipasangkan tanjak oleh masyarakat setempat. Nurdin berkesempatan melepaskan tembakan tanda dimulainya pacu sampan layar. Dengan beragam ragam warna layar siap berpacu menjadi yang tercepat.

“Kibarkan merah putih jadikan daerah pesisir yang lebih baik dan sejahterakan lagi. Kedepan event ini harus menjadi agenda tahunan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah,” kata Nurdin. Menurut Nurdin, dimunculkannya kearifan lokal akan menjadi benteng untuk bertahan dari pengaruh budaya luar. Nurdin meminta masyarakat juga memperkokoh tali silaturahmi, untuk pencapaian yang baik dengan dunia pariwisata maritim.

Pada kesempatan itu, Nurdin menyempatkan diri untuk menghadiri jemputan pernikahan anak dari tokoh masyarakat laut Mongkol. Setelah itu bersama-sama melaksanakan shalat Zhuhur berjemaah di Mesjid Nurul Haq Mongkol Kelurahan Pemping. Makan bersama di ujung pelabuhan bersama rombongan. “Dari 100 lebih pulau yang ada, baru sekitar 46 pulau yang berpenghuni dengan keamanan yang kondusif dan berkesejahteraan”, ucap Nurdin.

Setelah menikmati hidangan Gubernur bersama Kapolda, Wakapolda, Anggota DPR RI dan Wakil Walikota disuguhi tarian Dikir Barat yang ditampilkan anak-anak pulau. Nurdin, Irjen Andap, dan Dwi Ria Latifa tampak menikmati dikir barat dengan mengikuti gerakan-gerakan yang dilakukan para penarinya. “Alhamdulillah terima kasih saudara semue, semoga berkah bagi kita semue,” kata Nurdin.(Moi)

Berita Lainnya

Index