Keluarga Mahasiswa  Politeknik Medan Tuntut Direktur Kembalikan Uang SPM 2013-2017

Dibaca: 10164 kali  Rabu,15 Agustus 2018 | 14:11:07 WIB
Keluarga Mahasiswa  Politeknik Medan Tuntut Direktur Kembalikan Uang SPM 2013-2017
Ket Foto :

MEDAN ( PAB )-----

Keluarga Mahasiswa Politeknik Negeri Medan (Polmed ) menuntut Direktur agar segera mengembalikan uang Sumbangan Peningkatan Mutu ( SPM ) yang telah dikutip kepada mahasiswa sejak angkatan 2013 hingga angkatan 2017. 

Diketahui sebelumnya pimpinan Politeknik Negeri Medan  menghentikan pengutipan dana SPM mahasiswa baru 2018 gelombang kedua  sedangkan untuk yang gelombang pertama dana SPM  akan dikembalikan sebesar 4 juta/ mahasiswa.

Sontak saja Pemulangan dan penghentian pengutipan dana SPM untuk angkatan 2018 ini, mendapat perhatian serius dari Keluarga Mahasiswa Polmed.

Pasalnya, mereka juga yang merasa dikutip dana SPM di tahun angkatan mereka mendaftar ulang, merasa berhak uang SPM mereka dikembalikan.

Raja Parulian selaku ketua Bem Polmed, angkat bicara. Dirinya mempertanyakan penghentian dan pemulangan dana SPM buat angkatan 2018, lalu bagaimana dana SPM yang dikutip kepada mahasiswa 2017,2016,2015,2014 dan 2013 

" Pengutipan dana SPM sudah berlaku sejak tahun angkatan 2013 hingga 2017, jadi kalau mahasiswa 2018 dana SPM nya dipulangkan kenapa kami tidak ? ". Ujar Raja yang berkumpul bersama mahasiswa polmed lainnya, dikantin Pertanian USU, Selasa (14/8/18).

Raja menerangkan bahwa dirinya bersama teman-teman Keluarga Mahasiswa Polmed akan beraudiensi  ke Direktur dalam minggu ini. 

" Kami dari BEM dan Keluarga Mahasiswa Polmed akan meminta pertanggung jawaban Direktur terhadap uang SPM kami, apabila Direktur tidak dapat memberikan solusi, kami akan tindak lanjuti secara hukum " tegas Raja

Disusul teman disebelahnya yakni Michael menerangkan bahwa yang namanya dana Sumbangan Peningkatan Mutu justru di tahun 2016 digunakan Direktur untuk membeli 7 unit mobil.

" Kata Direktur dana SPM untuk pengembangan karakter mahasiswa, tapi apa anggaran dana SPM justru untuk membeli 7 unit mobil menghabiskan 1,6 Milyar. Apa hubungannya mobil dengan pengembangan karakter ?? " kesal Michael sambil menunjukan bukti-bukti yang mereka miliki.

Sehari sebelumnya Pimpinan Polmed telah melakukan konfrensi pers dengan mengundang beberapa journalis dalam acara Coffee Morning, di kampus Polmed, jalan Dr. Mansyur, Medan Selasa,( 14/8 ).

Dikutip melalui RMOL Sumut
Direktur, M. Syahruddin menjelaskan pengutipan dana SPM baru mulai diberlakukan sejak angkatan 2016, dan terpaksa dihentikan untuk angkatan 2018 karena adanya audit oleh Inspektorat Kemenristekdikti yang memerintahkan Direktur Polmed mengembalikan dana SPM yang telah dikutip kepada mahasiswa.

Direktur Polmed berdalih bahwa besaran dana BOPTN yang diterima dari Negara jumlahnya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan kampus Polmed, dan sejauh ini dana SPM digunakan untuk pengembangan karakter mahasiswa dan upaya penunjang akreditasi.

Dari penelusuran pab-indonesia.co.id, ternyata pengutipan dana SPM bertentangan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Permendikbud ) No.55 tahun 2013 tentang Biaya kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal, yang secara eksplisit menegaskan bahwa tidak ada pengutipan kepada mahasiswa baru selain uang kuliah tunggal.

Jika dihitung- hitung total dana SPM yang telah dikutip sejak angkatan 2013 hingga 2017 mencapai  29 Milyar rupiah.( Tulus )

Akses pab-indonesia.co.id Via Mobile m.pab-indonesia.co.id
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »