Polisi Kerahkan 82 Ribu Anggota Dalam Operasi Ketupat

Dibaca: 8317 kali  Kamis,09 Juli 2015 | 12:57:34 WIB
Polisi Kerahkan 82 Ribu Anggota Dalam Operasi Ketupat
Ket Foto :

Jakarta,PAB-Online

Sebanyak 82.538 personel Polri akan dikerahkan dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2015 yang akan berlangsung selama 16 hari sejak 10 Juli - 25 Juli 2015.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti yang bertindak sebagai pemimpin upacara di Lapangan Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis, dalam Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat 2015, merinci pengerahan kekuatan dari Polri sebanyak 82.538 orang, TNI 12.761 orang, instansi-instansi terkait 50.377 orang sehingga total kekuatan personel yang dikerahkan dalam Ops Ketupat 2015 mencapai 145.676 orang.

Ratusan ribu personel itu akan dikerahkan di 3.030 pos pengamanan dan 1.083 pos pelayanan di seluruh Indonesia.

Badrodin menekankan pengerahan personel terutama dilakukan di jalur mudik, tempat peribadatan umat Islam, lokasi Salat Ied, pemukiman masyarakat, terminal, pelabuhan, stasiun obyek wisata dan tempat pembagian zakat fitrah.

Selain fokus mengamankan jalur mudik, Badrodin juga menekankan jajarannya untuk mengoptimalkan fungsi intelijen sebagai antisipasi ancaman teror, sabotase dan kejahatan berkadar ancaman tinggi.

"Potensi-potensi ancaman kamtibmas yang harus diantisipasi yakni terorisme, sabotase, perkelahian antarkelompok masyarakat, kebut-kebutan, penyalahgunaan narkoba, miras, peningkatan kebutuhan BBM dan bahan pokok, kriminalitas dan penjualan petasan," katanya.

Ops Ketupat 2015, dikatakan Badrodin bertujuan untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan merayakan Lebaran, memberikan keamanan, kelancaran dan ketertiban bagi masyarakat yang bepergian, menjamin keamanan dan kelancaran distribusi kebutuhan bahan pokok dan BBM, serta mengamankan aktivitas embarkasi dan debarkasi di pelabuhan, terminal darat, laut dan udara.Demikian yang dikutip dari LKBN Antara.

Sementara tujuan untuk internal diantaranya terbangunnya sistem kesiapsiagaan dan tanggap darurat melalui koordinasi sinergitas lintas sektoral serta terdatanya semua kejadian terkait kamtibmas dan kamseltibcar lantas yang akurat untuk evaluasi perbaikan.(KR)

Dalam acara bertema Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat 2015 Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Idul Fitri 1436 H, juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis kendaraan roda empat, kendaraan roda dua dan senter kedip ke beberapa polda.

Sementara pejabat yang hadir diantaranya Wakapolri Komjen Budi Gunawan dan Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama.

Akses pab-indonesia.co.id Via Mobile m.pab-indonesia.co.id
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »