Petugas P2b Sidak Gedung Coolstorage di Muara Angke

Petugas P2b Sidak Gedung Coolstorage di Muara Angke
Petugas gabungan P2b dan Satpol PP sidak tempat penyimpanan ikan di Pelabuhan Muara Angke Jakarta Utara.

JAKARTA,(PAB)---

Petugas gabungan P2b dan Satpol PP Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara Selasa (07/08) sore melakukan sidak ke tempat pembangunan cool storage (tempat penyimpanan ikan) di Pelabuhan Muara Angke Jakarta Utara.

Gedung coolstorage yang hampir selesai tersebut diperiksa dan di foto-foto pihak P2b dan satpol PP Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. Satu petugas ketika ditanya tujuan mendatangi cool storage yang baru dibangun tersebut mengatakan  pembangunan coolstorage tersebut diduga berdiri di jalur hijau.

Namun, ketika PAB konfirmasi ke pihak UPT Muara Angke, M. Saripuddin mengatakan gedung cool storage yang baru dibangun tersebut sudah ada Pergub dan PBB-nya.  “Jadi saya belum tahu maksud kedatangan aparat P2b dan Satpol PP tersebut,” katanya.

Menurut, Ketua Umum Pemantau Kebijakan Publik, Drs. Gaturi, MM, otoritas pengembangan kawasan muara Angke seharusnya ada di bawah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Kawasan Pelabuhan Perikanan dan Pangkalan Pendaratan Ikan Muara Angke. Merekalah yang diberikan otoritas pengembangan oleh Gubernur DKI Jakarta.

Jadi kalau ada instansi lain tanpa berkoordinasi dengan UPT Muara Angke maka hal itu perlu dipertanyakan otoritasnya. Karena, jika hal itu dibiarkan maka akan merugikan pengusaha yang sudah ratusan juta mengeluarkan dananya.

Namun, kata Gaturi perlu juga dipertanyakan apakah pengusaha yang membanguan coolstorage tersebut mendapat izin sesuai dengan prosedur yang sebenarnya. Karena sepengetahuannya  dan hasil  survey terhadap pengusaha dikawasan tersebut,yang sudah turun-temurun tidak gampang mendapatkan tempat di Muara Angke.  “Jadi pengelolah kawasan Muara Angke harus menjelaskan hal tersebut secara terbuka. Sehingga tidak terjadi kecemburuan,” jelasnya.

Sejak adanya kebijakan Menteri Kelautan dan Perikana Susi Pudjiastuti, Pelabuhan Perikanan Muara Angke Jakarta Utara jadi primadona pengusaha  untuk membangun  Coolstorage. Namun. Namun dari sekian banyak yang mengusulkan hanya beberapa gelintir saja yang diizinkan membangun. Karena keterbatasan lahan dikawasan tersebut. (zul)

Berita Lainnya

Index