Taksi Terbang Roll-Royce Semburkan 670 Tenaga Kuda

Taksi Terbang Roll-Royce Semburkan 670 Tenaga Kuda

INGGRIS,(PAB)----

Film legendaris 'Back To The Future' membawa kita memiliki harapan untuk memiliki mobil terbang. Konsep transportasi futuristik itu sepertinya akan terealisasi dalam waktu dekat.

Sebab beberapa perusahaan besar seperti Audi, Airbus, Uber, dan Google telah mengembangkan konsep taksi terbang. Bahkan kompetisi ini diramaikan oleh perusahaan pembuat mesin jet asal Inggris, Roll-Royce.

Patut dicatat, perusahaan Roll-Royce di sini bukan manufaktur mobil mewah tapi manufaktur mesin. Seperti kita ketahui Roll-Royce memproduksi sejumlah jenis mesin pesawat, dan maskapai penerbangan Garuda Indonesia salah satu konsumennya.

Dilansir dari CNET, Roll-Royce saat ini sedang merencanakan pembangunan taksi terbang atau electric vertical take-off and landing (EVTOL). Taksi terbang ini akan mampu mengangkut empat sampai lima orang.

Konsep dasar dari EVTOL adalah menggunakan teknologi turbin gas untuk menghasilkan daya yang kemudian disuplai ke enam propulsor (baling-baling) yang didesain agar memiliki tingkat kebisingan yang rendah. Gas turbin ini akan menghasilkan daya 500 kW atau sekitar 670,5 tenaga kuda.

Sayap EVTOL mampu berputar 90 derajat yang bisa membuat kendaraan untuk terbang atau mendarat secara vertikal. EVTOL bisa menggunakan heliport atau bandara untuk terbang atau mendarat.

Kendaraan futuristik ini berpotensi memiliki kecepatan maksimal 402 kilometer per jam dengan kemampuan jelajah sekitar 805 kilometer. Roll-Royce meyakini kendaraan ini akan siap digunakan secepatnya pada awal 2020. Lebih lanjut kesiapan model ini tentu tergantung pada mitra yang bisa mendukung model ini.

Angka sesuai dengan yang dijanjikan dengan kompetitor lain yang mengembangkan taksi terbang. Kepala Roll-Royce divisi kelistrikan Rob Watson mengatakan Roll-Royce percaya akan menjadi pemimpin alat transportasi terbang di masa depan.

"Dengan adanya perkembangan dari kapabilitas hybrid electric propulsion, taksi terbang ini bisa tersedia di awal atau pertengahan 2020-an," kata Rob.

Model desain mobil terbang ala Roll-Royce tampil dalam bentuk digital pada Farnborough Air Show mulai 16-22 Juli 2018 berlangsung di Inggris. Perusahaan ini sedang mencari mitra untuk menyediakan sistem kelistrikannya.(CNN)

Berita Lainnya

Index