Dua Puluh Ribu Warga Belum Merekam e-KTP

Dua Puluh Ribu Warga Belum Merekam e-KTP
Pegawai Kecamatan Lubuk Baja saat membagikan E-KTP yang telah selesai perekamannya kepada warga, Senin (16/4). F Cecep Mulyana/Batam Pos

BATAM,(PAB)----

Sebanyak dua puluh ribu warga Batam belum merekam hingga pertengahan tahun ini. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Said Khaidir, Kamis (12/7/18).

Untuk itu, dalam waktu dekat ini pihaknya akan kembali mengaktifkan perekaman keliling di sejumlah lokasi yang warganya belum merekam.

Saat ini, Disdukcapil masih mendata dan memetakan warga mana saja yang paling banyak belum merekam. “Kita petakan dulu, misalnya kecamatan mana yang paling banyak warganya yang belum merekam. Nanti mobil perekaman standby di lokasi tersebut,” jelasnya.

Mantan camat Batuampar ini, mengatakan tengah menyusun jadwal mengenai perekaman keliling yang akan dilakukan di sembilan kecamatan yang ada di Batam.

Untuk memudahkan dan mempercepat penerbitan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), mobil perekaman keliling akan dilengkapi alat cetak.

“Jadi kalau datanya pas, penerbitan e-KTP bisa dilakukan di lapangan saat perekaman dilakukan,” tambahnya.

Percepatan penerbitan e-KTP ini merupakan upaya Disdukcapil dalam menyukseskan pesta demokrasi April 2019 mendatang.

Selain menyasar warga yang berusia di atas 17 tahun. Pihaknya juga akan kembali membuka pelayanan perekaman ke sekolah-sekolah khusus untuk pemilih pemula.

“Mereka yang berusia 17 tahun awal tahun ini dan tidak sempat datang ke kecamatan, bisa langsung merekam di sekolah,” lanjutnya.(batampos)

Berita Lainnya

Index