Polda Sumut dan Mabes Polri Terus Buru Penghina Suku Batak

Polda Sumut dan Mabes Polri Terus Buru Penghina Suku Batak

MEDAN,(PAB)----

Tim Cyber Crime Kepolisian Daerah Sumatera Utara terus buru pemilik akun Facebook, Faisal Abdi, yang telah memposting ujaran kebencian menyinggung dan melecehkan Suku Batak.

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan menegaskan kepada awak media, hingga kini Tim Cybercrime menyelidiki dan memburu Faisal Abdi.

Pelaku terus kita buru. Ternyata Faisal Abdi menggunakan akun palsu saat menulis status dan kini akun Facebook sudah diblokirnya. Nah inilah kendala penyidik di lapangan,”jelasnya kepada awak media, Selasa siang (10/07/2018).

Namun kata MP Nainggolan, penyidik cyber tidak patah arang dan terus memproses kasus pelaku. Saat ini Tim Cyber Poldasu kerjasama dengan Mabes Polri untuk mencari tahu keberadaan pelaku.

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw menegaskan pihaknya tengah memburu dan segera menangkap pemilik akun Facebook, Faisal Abdi, yang telah memposting ujaran kebencian menyinggung Suku Batak.

“Sedang saya perintahkan tim Cybercrime memburu pemilik akun itu dan akan segera kami tangkap,” ujar Kapolda.

Dalam kasus ini, akun Facebook milik Faisal Abdi dilaporkan ke Polda Sumut, atas tuduhan melanggar Pasal 28 UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Laporan dengan nomor LP/822/VI/2018 SPKT III 29 Juni 2018 tersebut diterima petugas SPKT Polda Sumatera Utara Bripka Gomgom Tampubolon.

Dalam laporan Pomparan Raja Lontung Bangso Batak bersama sejumlah masyarakat Batak didampingi kuasa hukum, Parluhutan Situmorang mengatakan pemilik akun Faisal Abdi telah memposting ujaran kebencian yang menyinggung suku dengan melecehkan suku Batak dengan menulis “Eramas pasti menang, Orang Batak jangan sedih ya kalo djoss nyungsep silahkan makan kalian ta** babi itu ha..ha.. Batak tolol.”

Bahkan, pascapelaporan tersebut, sejumlah warga Batak turut bersama personel Polda Sumut melakukan pencarian ke sejumlah lokasi yang kemungkinan Faisal Abdi dapat ditemukan seperti pada tempat bekerja yang ditulis di profil Facebooknya.

Namun, saat dilakukan pencarian di PT BCR Technical Indonesia, seperti yang tertulis di profil Facebook Faisal Abdi tempatnya bekerja yang bersangkutan tak ditemukan.

Netizen juga mendapatkan informasi, bahwa alamat terlapor berada di Jermal VII dekat Masjid Istiqomah, Menteng, namun yang bersangkutan juga tak ditemukan. Kepling di wilayah tersebut yang ditanyai juga mengaku tak mengenal atas nama Faisal Abdi. (Evi)

Berita Lainnya

Index