Dandim 0703/Cilacap : Ummat Beragama Harus Saling Bersinergi Hingga Rukun dan Melahirkan Toleransi

Dandim 0703/Cilacap : Ummat Beragama Harus Saling Bersinergi Hingga Rukun dan Melahirkan Toleransi

CILACAP,(PAB)----

Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Yudi Purwanto beserta unsur Forkompimda  hadiri Perayaan Tri Suci Waisak 2562 BE Tahun 2018, se Kabupaten Cilacap yang dipusatkan di Vihara Tri Ratna Mandala Giri Srandil Desa Glempangpasir kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Selasa (29/05).

Selain Perayaan Tri Suci Waisak, acara juga diisi dengan  doa lintas agama, tausiyah kebangsaan, buka puasa bersama dan pagelaran wayang kulit yang di selenggarakan oleh pedepokan Agung Sahyang Jati Gunung Selok.

Perayaan Tri Suci Waisak sebagai wujud penghormatan kepada Budha, Dhamma dan Sangha, tentang kebaikan dan ajaran orang yang telah mencapai penerangan sempurna.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Bikku Dhamma Tejo  Ketua Padepokan Sanghyang Jati Gunung Selok, KH.Gus Nuril Pengasuh Ponpes Soko Tunggal Semarang, Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Agus Prabowo Adi, SE, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto, Kapolres Cilacap  AKBP Djoko Julianto, S.I.K.,M.H. , Kepala Disparta Kabupaten Cilacap,Murniyah Mpd., Camat Adipala Drs.Teguh Prastowo, Msi, Ketua FKUB Kabupaten Cilacap Taufik Hidayatuloh, Danramil 08/Adipala Kapten Inf Tukimin serta diikuti sejumlah  para Toga ,Tomas,Todat Kecamatan Adipala dan para Umat Budha se Kabupaten Cilacap.

Dalam rilisnya Dandim 0703/Cilacap Letkol Yudi Purwanto selaku Forkompimda  menyampaikan selamat kepada Umat Buddha yang merayakan Trisuci Waisak di tahun ini, dan berharap Umat Buddha di Kabupaten Cilacap menjadi pionir bagi umat lain soal kerukunan dan penghargaan terhadap umat beragama lainnya.

Dandim juga berpesan kepada seluruh tamu undangan, bahwa semua ummat beragama harus saling bersinergi hingga rukun dan melahirkan toleransi dengan senang melihat orang senang.

Dirinya mengakui bahwa Umat Buddha di Kabupaten Cilacap  sudah membuktikan diri sebagai Umat yang banyak memberikan kontribusi positif, selain dari sisi ekonomi, umat Budha juga sudah membantu pemerintah dalam mewujudkan program kerukunan antar umat beragama di wilayah Cilacap.

"Bahkan sampai detik ini belum pernah terdengar ada masalah yang ditimbulkan dari kalangan umat Buddha, semoga ini bisa dipertahankan dan bisa menularkan sikap dan nilai-nilai kepada sesama manusia", ujarnya.

Selama memperingati Tri Suci Waisak 2526 BE Tahun 2018, semoga semangat Waisak menjadikan  dan menumbuhkan Kerukunan dan kebahagiaan hidup antar umat beragama. (Sty)

Berita Lainnya

Index