Jalasveva Jayamahe

Perkuat Hubungan Bilateral, Kasal Terima Kunjungan Australia Chief of Navy

Perkuat Hubungan Bilateral, Kasal Terima Kunjungan Australia Chief of Navy

JAKARTA, (PAB)--

Dalam rangka memperkuat hubungan bilateral antar kedua Angkatan Laut, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Ketum Jalasenastri Ny. Vero Yudo menerima Kunjungan Australia Chief of Navy (Kasal Australia) Vice Admiral Michael Joseph Noonan didampingi Mrs. Michael Joseph Noonan ke Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap Jakarta Timur pada Senin (10/01).

Kedatangan Kasal Australia ke Mabesal di sambut dengan jajar kehormatan oleh para prajurit TNI AL selanjutnya diterima dengan penuh kehangatan oleh  Kasal dan jajarannya. 

Pada pertemuan antar Kasal dua negara tersebut, dibahas mengenai rencana kerja sama strategis khususnya di bidang Matra Laut. Sedangkan kerja sama yang sudah terjalin selama ini akan terus ditingkatkan. “Terima kasih atas support dan kerja sama yang telah dilakukan selama ini, semoga kedepan akan semakin baik,” ujar Vice Admiral Michael Joseph Noonan.

Kedua Pimpinan Angkatan Laut ini juga membahas mengenai kerja sama yang akan dilakukan antara TNI Angkatan Laut dengan Royal Australian Navy meliputi latihan, pendidikan, kunjungan, serta kegiatan lainnya. Diharapkan kedepan kerja sama tersebut tidak hanya berfokus pada Sumber Daya Manusia (SDM) pada tingkat Perwira saja, namun untuk seluruhnya mulai dari Bintara hingga Tamtama dapat tercapainya visi misi yang sama.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyematkan penghargaan Bintang Jalasena Utama kepada Australia Chief of Navy (Kasal Australia) Vice Admiral Michael Joseph Noonan atas jasa-jasanya dalam lebih meningkatkan hubungan kerjasama  yang lebih baik antar negara, khususnya untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Laut disaksikan Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Irjenal, Koorsahli, para Asisten Kasal dan pejabat TNI AL lainnya.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.
[10/1 17:16] Ww Ryan Sinaga2: Berkontribusi Tingkatkan Hubungan Kerjasama, Kasal Sematkan Penghargaan Kepada Kasal Australia

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 10 Januari 2022, --- Dalam rangka memberikan penghargaan atas jasa-jasanya dalam lebih meningkatkan hubungan kerjasama yang lebih baik antar negara, khususnya untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Laut, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyematkan Bintang Jalasena Utama kepada Australia Chief of Navy (Kasal Australia) Vice Admiral Michael Joseph Noonan.

Penghargaan ini disematkan kepada Kasal Australia saat kunjungannya ke Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (10/01) dalam serangkaian agenda kegiatan yang akan dilaksanakan selama keberadaannya di Indonesia seperti CC kepada Panglima TNI, Bakamla, Seskoal serta menerima undangan makan malam dari Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.

Penyerahan penghargaan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 10/TK/Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Jasa Kehormatan Bintang Jalasena Utama. Bintang Jalasena Utama merupakan medali penghargaan yang dianugerahkan hanya kepada individu dengan kemampuan dan pencapaian khusus dan berkat kontribusi, upaya dan dedikasi yang luar biasa, serta pencapaian melampaui panggilan tugas.

“Penganugerahan Bintang Jalasena Utama oleh TNI Angkatan Laut, sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan tertinggi atas jasa-jasa Laksdya Michael Joseph Noonan dalam mendorong kemajuan hubungan antara kedua Angkatan Laut, dan terlebih lagi hubungan kerjasama antara Indonesia dan Australia”, ujar Kasal.

Dalam pertemuan kedua pemimpin TNI AL ini juga dibahas tentang pandemi global Covid-19 yang membuat sejumlah pembatasan dalam agenda kegiatan kedua negara. Banyak agenda yang akhirnya harus ditunda atau dibatalkan karena pandemi selama dua tahun terakhir ini.

Kasal berharap bila pandemi Covid-19 sudah berakhir atau paling tidak dapat terkendali, Angkatan Laut kedua negara dapat kembali melanjutkan agenda-agenda yang belum terlaksana akibat pembatasan terkait Covid-19.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama istri Kasal Australia Mrs. Michael Joseph Noonan juga melaksanakan beberapa agenda kegiatan di antaranya ke kantor Pengurus Pusat Jalasenastri yang disambut langsung Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono dilanjutkan dengan kunjungan ke galeri Bintarti, menyaksikan penampilan musik Kolintang serta akan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah.

Turut mendampingi Kasal, Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Irjenal, Koorsahli Kasal serta para Asisten Kasal (Dispenal)

Berita Lainnya

Index