Olimpiade Sains Nasional SMA Se-Kepri Digelar

Olimpiade Sains Nasional SMA Se-Kepri Digelar
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Arifin Nasir saat membuka Olimpiade Sains Nasional SMA Se-Kepri Tahun 2018

BATAM,(PAB)---
Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terus menerus meningkatkan prestasi untuk dunia pendidikan. Bertempat di Hotel M One, Kota Batam pada tanggal 18 sampai dengan 20 April Dinas Pendidikan Provinsi Kepri menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tingkat Provinsi Kepri.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Arifin Nasir dengan diikuti peserta sebanyak 108 orang peserta yang merupakan siswa didik SMA berasal dari 7 Kabupaten/Kota Se-Kepri. Para peserta ini juga turut didampingi oleh masing-masing pendamping sebanyak 11 orang yang hadir.

Pihak Kementerian Pendidikan juga ikut terjun langsung mengawasi jalannya kegiatan OSN SMA Tingkat Provinsi Kepri ini. Dalam kata sambutannya, Arifin Nasir berharap para peserta yang mengikuti kompetisi sains tingkat Provinsi Kepri maupun nantinya di tingkat Nasional mampu bersaing dengan jujur.

"Kompetisi yang digelar tiap tahun ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan wawasan," ujarnya disela pembukaan acara OSN SMA Se-Kepri dan TC Tingkat Nasional 2018 di Hotel M One Batam.

Kegiatan yang diikuti siswa kelas 2 SMA Negeri dan swasta ini berasal dari Kota Batam berjumlah 27 peserta, Kota Tanjungpinang sebanyak 18 peserta, Kabupaten Bintan sebanyak 10 peserta, Kabupaten Karimun sebanyak 18 peserta serta dari Lingga Natuna dan Anambas masing-masing 9 peserta.

Arifin juga menambahkan, Provinsi Kepri berharap mendapatkan pelajar yang mampu bersaing pada tingkat nasional mendatang. Sehinga anak-anak dari Kepri dapat bersaing di tingkat internasional nantinya.

masih menurut Arifin, dengan umur Provinsi Kepri yang sudah 15 tahun ini, tidak lagi bersaing dengan taraf nasional, melainkan taraf Internasional.

Jika dibandingkan dengan provinsi lain masih banyak kekuarangan padahal kita sudah berumur 15 tahun. Menjelang umur 16 tahun ini seharusnya kita bersaing dengan anak-anak dari Singapura, Malaysia serta negara tetangga lainnya," harapnya lagi.

"Saya melihat beberapa sekolah swasta disini menciptakan kreativitas daya saing untuk anak. Ada upaya yang dilakukan sekolah untuk mengasah anak-anak yang kreatif. Itu bisa menjadi contoh untuk sekolah negeri kalau mau lebih maju lagi" ujarnya.
Atmadinata,M.Pd selaku Kepala Bidang Pembinaan SMA menjelaskan bahwa ada 9 bidang studi yang akan diperlombakan dalam OSN SMA Se-Kepri ini yakni meliputi mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

"Sembilan studi yang akan dilombakan dari tujuh Kabupaten/Kota Se-Kepri ini mencari yang terbaik untuk mengikuti tingkat Nasional mendatang," jelasnya. (Moi)

Berita Lainnya

Index