Hidupkan Gairah Usaha

Pelaku UMKM Dairi Adakan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA)

Pelaku UMKM Dairi Adakan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA)

DAIRI,(PAB)---

Sebanyak 75 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Dairi dari berbagai sektor usaha mengikuti pelatihan Digital Entrepreueurship Academy di Hotel Mutiara, Sidikalang, Selasa (28/09/21).

Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) itu merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Dairi dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan dirinya sangat menyambut baik digelarnya pelatihan digital bagi pelaku usaha kecil dan menengah, guna memajukan para pelaku UMKM khususnya yang ada di Dairi.

Ia mengatakan pelatihan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM, terkait dengan bidang digitalisasi.

Dengan pemahaman yang baik mengenai pemasaran produk secara digital, tentu akan memberi dampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan para pelaku UMKM terlebih di tengah situasi sulit masa pandemi covid-19 saat ini.

” Saya berharap pelatihan ini, dapat memperkuat dan meningkatkan skill para pelaku usaha. Memahami model bisnis yang tepat dijalankan secara digital dan memanfaatkan e-commerce. Digitalisasi ini bisa saja menjadi ancaman bagi orang yang tidak mau berkembang dan maju. Yang menang itu bukanlah yang besar, tapi mereka yang adaptiv,” ujarnya.

Bupati Eddy Berutu menambahkan saat ini Pemerintah Kabupaten Dairi terus melakukan kolaborasi terhadap semua pihak baik lembaga pemerintah maupun swasta untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) para pelaku UMKM yang ada.

Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, Ibrar Samekto yang turut memberikan sambutan dalam kegiatan itu menyampaikan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam tahun ini sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur komunikasi dari Sabang hingga Merauke.

Dimana ditargetkan setiap desa sudah terjangkau oleh jaringan 4G dan di tahun yang sama melakukan peningkatan literasi digital.

Irbar Samekto mengatakan bahwa program pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang digelar sebagai usaha meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi internet dan platform e-commerce dalam memasarkan hasil usahanya secara lebih luas lagi.

” Pelatihan ini diharap dapat membantu pelaku UMKM untuk berkembang dan maju. Salah satunya melalui digital marketing. Memudahkan pelaku UMKM yang ada saat ini bisa go-online,” ujarnya.

Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, Ibrar Samekto mengajak Bupati Eddy Berutu untuk berkomunikasi secara virtual bersama Mira Tayyiba yang merupakan Sekjen Kementerian Kominfo pada peringatan Hari Bhakti Postel ke-76.

Bupati Eddy Berutu pun menyampaikan terimakasih atas dukungan penuh dan perhatian yang diberikan oleh pihak Kementerian Kominfo dalam pengembangan Digitalisasi bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Dairi sehingga Kabupaten Dairi menjadi bagian dalam ekonomi Digital Nasional.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepakatan antara Pemkab Dairi dengan BBPSDMP Kominfo Medan, tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia bidang Komunikasi dan Informatika.

Selan dihadiri langsung oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, kegiatan juga dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Dairi Rahmat Syah Munthe dan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Dairi, Oloan Hasugian.

Penulis: Haposan.L/Dedi.L

Berita Lainnya

Index