Mei Nanti, Warga Gorontalo Bisa Pesan Bentor Lewat Gojek

Mei Nanti, Warga Gorontalo Bisa Pesan Bentor Lewat Gojek

GORONTALO,(PAB)----

Gojek melebarkan sayap dengan membuka layanan di kota Gorontalo pada Mei 2018. Tapi alih-alih menawarkan ojek menggunakan sepeda motor, layanan Gojek di kota itu menggunakan bentor alias becak motor.

"Kerja sama antara bentor dengan aplikasi ini adalah yang pertama kalinya di Indonesia," demikian tertulis dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (24/4).

Bentor dipilih lantaran Gojek hendak memberdayakan layanan yang sudah sehari-hari digunakan oleh warga Gorontalo itu. Dengan demikian bisa Untuk memaksimalkan manfaat kearifan lokal di Gorontalo.

Kami melihat peranan ekonomi Bentor tersebut dapat diakselerasi dengan teknologi GO-JEK," ujar Michael Say, VP Corporate Communications Gojek.

"Oleh karena itu, untuk Gorontalo, kami akan fokus dahulu pada kemitraan dengan bentor."

Saat ditanyai lebih lanjut soal apakah layanan ini juga nantinya bisa diakses oleh ojek konvensional, Rini Widuri Ragillia, Public Relations Manager Gojek Indonesia, belum memberikan tanggapan.

Gojek, Gofood, Gosend

Layanan yang bisa dinikmati warga Gorontalo bukan hanya transportasi, tapi layanan pengantaran makanan Gofood, pengiriman barang Gosend, dan asisten belanja Goshop semua bisa dinikmati lewat jasa para pengemudi bentor ini.

"(Sehingga) mitra pengemudi Bentor tidak hanya akan bergantung pada jasa antar penumpang, namun juga berpotensi mendapatkan penghasilan lain dari jasa-jasa yang tersedia di Gojek," jelas Anandita Danaatmadja, Strategic Regional Head Kalimantan dan Sulawesi Gojek.

Sebelum mulai beroperasi bulan depan, Gojek akan memberi pelatihan mengemudi aman, pelayanan kepada pelanggan, dan cara menggunakan smartphone kepada para mitra pengemudi.

Iwan Abdul Latif selaku Ketua Ikatan Pengemudi Bentor (IPB) Gorontalo menyambut layanan Gojek ini dengan antusias. Iwan menyebut saat ini terdapat sekitar 27 ribu penghemudi bentor di Gorontalo.

"Kami sudah mendengarkan bagaimana banyak supir ojek dan orang-orang lainnya di seluruh Indonesia yang merasakan langsung pendapatannya naik setelah jadi mitra GO-JEK [...] Jadi, semoga di Gorontalo pun kami bisa merasakan manfaat GO-JEK," ujar Iwan dalam acara sosialisasi pendaftaran Bentor menjadi mitra driver GO-JEK.

Asuransi dan cicilan

Sebagaimana dengan pekerja lepas lain, mitra pengemudi yang tergabung dengan Gojek ini mesti mengusahakan sendiri asuransi dan kebutuhan diluar tarif sewa yang ditawarkan.

Untuk itu, Gojek menawarkan mitra pengemudi mereka asuransi kesehatan yang mesti ditebus mulai dari Rp 15 ribu per bulan. Asuransi ini merupakan hasil kerjasama dengan BPJS.

Gojek juga menawarkan program KPR mulai Rp 42 ribu per hari, hingga cicilan haji umroh dengan cicilan Rp 30 ribu per hari, dan berbagai program lainnya.int

Berita Lainnya

Index