Rasil Pria Bertato Otak Pelaku Pembakaran Rumah Wartawan Akhirnya Didor Polisi

Rasil Pria Bertato Otak Pelaku Pembakaran Rumah Wartawan Akhirnya Didor Polisi
Rasil (DPO) otak pelaku pembakaran rumah wartawan Binjai akhirnya tertangkap

BINJAI,(PAB)----

Teka - teki siapa otak pelaku pembakaran rumah wartawan dan penyerangan terhadap oknum wartawan di Binjai, Sumatera Utara yang terjadi beberapa waktu lalu akhirnya terkuak.

Petugas Sat Reskrim Polres Binjai berhasil membekuk Rasil Sembiring, otak pelaku pembakaran rumah wartawan dan otak pelaku percobaan penyerangan terhadap wartawan bernama Syahzara Sopian.

Namun, karena berusaha melawan petugas polisi dan mencoba melarikan diri saat  melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut, polisi terpaksa menembak kedua kaki Rasil.

Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo melalui Kasubbag Humas Polres Binjai AKP Siswanto Ginting menerangkan, tindakan percobaan penyerangan terhadap Sopian terjadi pada hari Jumat 25 Juni 2021 lalu di Jalan Sultan Hasanuddin, Kota Binjai.

Saat kejadian itu, polisi berhasil meringkus tiga orang pelaku, MS alias Takur, AR alias Anto dan IP alias Iqbal.

"Setelah menangkap ketiga pelaku, unit Pidum Sat Reskrim melakukan pengembangan. Akhirnya diketahui, mereka bertiga disuruh oleh Rasil," kata Siswanto dalam keterangannya dalam press rilisnya, Selasa 13 Juli 2021.

Kemudian, lanjut Siswanto pada hari Minggu 27 Juni 2021, polisi mengamankan Rasil dari kediamannya di pasar 2 Namotrasi, Desa Purwobinangun, Kabupaten Langkat.

Sedangkan motif penyerangan terhadap Sopian, lanjut Siswanto menurut pengakuan Rasil, karena dia kesal atas pemberitaan yang dituliskan Sopian yang menuduh ketua DPD IPK Kota Binjai, Supris sebagai bandar narkoba dan bandar togel.

"Pelaku tidak senang, karena ketuanya dituduh yang tidak - tidak. Sehingga sebagai simpatisan dan sebagai kader IPK, Rasil mengambil tindakan tersebut," jelasnya.

Selanjutnya, mantan Kanit Intelkam Polres Binjai itu juga mengatakan, bahwa Rasil juga lah yang menyuruh Supriyadi alias Upil warga Jalan Ikan Tongkol, Kelurahan Tanah Tinggi, Binjai Timur, untuk membakar rumah milik Sabar Syah, yang merupakan orang tua dari Sopian yang terjadi pada Minggu 13 Juni 2021 lalu.

"Motifnya serupa. Dia tidak senang atas pemberitaan yang menyudutkan ketua organisasi yang dinaunginya," tambah Siswanto.

Perwira balok tiga dipundaknya itu menambahkan, setelah melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap puluhan orang dan saksi, diketahui bahwa Rasil adalah otak pelaku dua kejahatan yang dialami Sopian dan keluarganya

Turnip

Berita Lainnya

Index