Wisata Religi

Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 56 Kunjungi Mesjid Raya, Istana Maimun dan Rumah Tjong A Fie

Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 56 Kunjungi Mesjid Raya, Istana Maimun dan Rumah Tjong A Fie
Tampak Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 56 doto bersama didwpan Rumah peninggalan Tjong A Fie.(Foto/Dispen)

MEDAN,(PAB)----

Perwira Siswa DIKREG Seskoal Angkatan 56 TP 2018 melaksanakan Wisata Religi dengan mengunjungi  Masjid Raya Medan, Istana Maimun dan Rumah Tjong A Fie.

Masjid Raya Al-Mashun atau yang lebih dikenal dengan Masjid Raya Medan adalah lokasi pertama yang dikunjungi. Masjid yang merupakan salah satu peninggalan seorang Sultan Deli di Sumatera Utara bernama Sultan Ma'moen Al Rasyid Perkasa Alam (1873-1924) merupakan bangunan yang monumental dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.  Masjid yang terletak di Jalan Sisingamangaraja, Medan ini memiliki luas sekitar 5000 M2 dan dibangun diatas lahan seluas 18.000 M2. Memakan waktu tiga tahun untuk pembangunan sejak tanggal 21 Agustus 1906 hingga 19 September 1909.

Lokasi wisata yang dikunjungi berikut adalah Istana Maimun yang terletak di jalan Brigjen Katamso. Bangunan bersejarah ini juga merupakan peninggalan Sultan Deli Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada tahun 1881. Istana yang didominasi warna kuning ciri khas Melayu dibangun diatas lahan seluas 2772 M2 dengan ruangan sebanyak 30 kamar. Hingga saat ini Istana ini masih digunakan anggota keluarga Sultan Deli dan bangunan masih dipakai untuk kegiatan upacara adat Khas Melayu.

Rumah Tjong A Fie adalah lokasi wisata yang dikunjungi terakhir oleh para Pasis. Didirikan oleh seorang Saudagar Cina yang Kaya Raya bernama Tjong A Fie pada tahun 1900.  Di dalam rumah yang sejak tahun 2009 dibuka untuk umum ini terpajang batang perabot rumah tangga, furniture dan foto yang merupakan peninggalan asli Saudagar Tjong A Fie.(Ali/Dispen)

Berita Lainnya

Index