Minggu, Menteri LHK Launching Medan Zero Waste City

Minggu, Menteri LHK Launching Medan Zero Waste City

MEDAN,(PAB)---

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia Dr Ir Siti Nurbaya Bakar MSc akan me-launching Medan Zero Waste City di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (22/4). Launching ini dilakukan dalam upaya menggugah kesadaran masyarakat untuk mengelola masyarakat dengan baik, sehingga ibukota Provinsi Sumatera Utara menjadi kota nol sampah.

Selain launching Medan Zero Waste City, Menteri LHK juga akan mengikuti upacara Peringatan Hari Bumi. Seluruh kegiatan yang dilakukan itu merupakan hasil kerjasama Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan dengan organisasi lingkungan hidup Walhi.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldi S MSi diwakili Kadis DKP Kota Medan HM Husni di Balai Kota Medan, Kamis (19/4). Dikatakannya, seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan itu dalam rangka memperingati Hari Bumi.

Sebelum launchingMedan Zero Waste City dilakukan, Husni mengatakan, serangkaian kegiatan akan dilakukan untuk memperingati Hari Bumi. “Kegiatan akan kita awali dengan pawai lingkungan. Kemudian upacara untuk memperingati Hari Bumi. Setelah itu barulah dilakukan launching Medan Zero Waste City,” kata Husni.

Mantan Kadispenda Kota Medan itu selanjutnya menjelaskan, kedatangan Menteri LHK sekaligus me-launching Medan Zero Waste City diharapkan menjadi penguatan dalam upaya untuk menjadikan ibukota Provinsi Sumatera Utara bersih dari sampah sehingga menjadi kota nol sampah. Untuk itu sejumlah kebutuhan pembangunan yang terkait dengan masalah kebersihan lingkungan menjadi konsentrasi yang kuat.

“Kita harapkan dengan launching ini, masyarakat pun mendukung upaya kita mewujudkan Medan Zero Waste City. Tanpa dukungan masyarakat, saya pastikan sulit bagi Pemko Medan menjadikan Kota Medan nol sampah. Jika masayarakat dan Pemko Medan bersinergi, insha Allah dapat terwujud,” tegasnya.

Didampingi Kabag Humasy Setdakot Medan Ridho Nasution, Husni lebih jauh memaparkan, upaya untuk mengedukasi masyarakat agar menjaga kebersihan telah dimulai dengan melakukan pembersihan Sungai Deli. Bekerjasama dengan aktivis lingkungan dan sungai, beberapa waktu lalu telah dilakukan pembersihan di bantaran Sungai Deli.

“Selain Sungai Deli, kita juga melakukan pembersihan di banatarn Sungai Babura dan Sungai Kera. Melalui kegiatan yang kita lakukan itu, kita coba menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai. Dengan pembersihan yang dilakukan tersebut, kita harapkan masyarakat yang bermukim di bantaran sungai agar tidak lagi membuang sampah ke dalam sungai,” harapnya. (Rosen/H)

Berita Lainnya

Index