Polres Simalungun Gelar Pelatihan Literasi Digital bagi Personil

Polres Simalungun Gelar Pelatihan Literasi Digital bagi Personil

MEDAN,(PAB)----

Polres Simalungun melaksanakan acara pelatihan Literasi Digital bagi personil Bhabinkamtibmas, Reskrim, Intelkam, Humas, dan Sitipol di Polres Simalungun yang diikuti Polres Pematang Siantar, Polres Humbahas, Polres Pakpak Barat, Polres Dairi, Polres Samosir, Polres Tobasa dan Polres Taput pada hari Rabu (11/4/18) yang lalu.

Acara pelatihan Literasi Digital dengan tema ”Dinamika kebijakan konten internet Indonesia dan upaya membangun aksi positif di dunia maya ” ini bertujuan untuk mengenal ketertarikan sikap tentang penggunaan teknologi terhadap literasi digital yang merupakan kemampuan individu dalam menggunakan teknologi digital dan alat komunikasi untuk mengakses, mengelola, mengintegrasi, menganalisis dan mengevaluasi informasi media, membangun pengetahuan baru serta menciptakan dan berkomunikasi dengan orang lain agar dapat berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat.
 
Adapun Ketua Team Pelatihan Literasi Digital yaitu bapak Komisaris Besar Polisi RICKY F. WAKANO, ibu AKBP HARTINI, S. Psi. M.Psi (Kasubdit Satpam / Polsus Polda Sumut) dan bapak Kompol E. Nainggolan (Kaur Yanpo Polda Sumut) beserta team dari Kemenkominfo bapak Syuhrabi dari RTIK Sumatera Utara (Relawan Teknologi Informasi),  Dewi Widya Ningrum dari ICT Watch (Information Communication Technology), serta ibu Heni Mulyati dari Mafindo (Masyarakat Anti Hoax Indonesia).

Polri selaku pelindung, pengayom, pelayan masyarakat serta penegak hukum dituntut untuk bijak membaca situasi yang berkembang ditengah masyarakat dan diharapkan mampu menggunakan internet secara tepat dan efektif agar terhindar dari kejahatan didunia maya dimana medsos bisa disebut bermata dua seperti pisau yang dapat mencelakai dan juga dapat bermanfaat. Dengan hasil pelatihan literasi digital yang mantap ini sehingga dapat mencegah timbulnya potensi guantibmas yang disebabkan oleh beredarnya konten negatif di internet terutama menjelang pelaksanaan pilkada Gubsu 2018.

Berita Lainnya

Index