Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat,UPT Puskesmas Sialang Buah Akan Dibangun

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat,UPT Puskesmas Sialang Buah Akan Dibangun

SERDANG BEDAGAI,(PAB)-----

Terkait rencana rehab gedung sarana UPT. Puskesmas Sialang Buah Kepala Dinas Kesehatan Sergai, dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes menyampaikan bahwa pada Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai),Sumatera Utara mendapatkan Anggaran dari Pusat untuk pembangunan Puskesmas Sialang Buah yang lebih baik.Demikian dilaporkan Kadis Kesehatan sergai ketika menggelar acara Penggalangan Komitmen Pembangunan UPT Puskesmas Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Sergai, Rabu (14/4) pukul 10.00 WIB.

Kegiatan tersebut turut di hadiri Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, Kepala UPT Puskesmas Sialang Buah dr Naomi Manalu, Forum koordinasi pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Teluk Mengkudu, Kepala KUA Teluk Mengkudu Muhammad Leno, S.Ag, para Kepala Desa se- Kecamatan Teluk Mengkudu dan tamu undangan lainnya.

Selanjutnya, Kadis Kesehatan Sergai mengatakan,dari 20 Puskesmas yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai, namun dalam 3 tahun ini sebanyak 10 Puskesmas yang sudah dilakukan direnovasi termasuk yang akan dibangun UPT Puskesmas Sialang Buah ini.

” Pembangunan Puskesmas ini guna pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam pelayanan kesehatan, UPT. Puskesmas Sialang Buah ini juga sudah di akreditasi Tingkat Madya pada 3 tahun lalu,” ungkap dr Bulan Simanungkalit.

Namun yang kendala saat ini di Puskesmas Sialang Buah kata dr Bulan, hanya tata ruang yang belum beraturan namun dengan management dan pelayanan baik tim kesehatan kepada masyarakat semua sudah mengalami perubahan.

Kadis Kesehatan Sergai menuturkan ada 4 UPT Puskesmas rencananya akan Paripurna. Beliau berharap kedepannya UPT Puskesmas Sialang Buah harus paripurna karena kemarin tata ruang yang belum sesuai, maka dengan pembangunan Puskesmas baru nanti maka tata ruang nya akan tersesuaikan.

“Target kedepan Puskesmas yang Paripurna diantaranya Puskesmas Tanjung Beringin, Dolok Masihul, Sialangbuah dan Perbaungan,”paparnya.

Terakhir, dr Bulan mengharapkan pembangunan Puskesmas ini agar dengan kebersamaan semua pihak. Agar sesuai bestek diharapkan kepada masyarakat untuk mengawasi bersama dan melaporkan kepada kami, agar kami yang menegur rekanan dan PPK nya,”tutupnya

IMG-20210415-WA0000Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Sergai, H.Adlin Umar Yusri Tambunan dalam arahannya perencanaan pembangunan Puskesmas Sialang Buah ini adalah kabar yang luar biasa untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Teluk Mengkudu.

“Selain itu, Kecamatan Teluk Mengkudu juga sedang melakukan pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 8 Km dari Desa Sialang Buah, Sentang hingga Bogak Besar,”ucapnya.

Diharapkan juga, kata Wabup, peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk pembangunan Puskesmas ini dan kesadaran masyarakat juga untuk merawat Puskesmas ini nantinya diantaranya jangan buang sampah sembarangan, dan lainnya.

“Dokter dan Tim medis nya telah memiliki SDM yang berkualitas dibilangnya maka berikan pelayanan kesehatan yang baik. Maka Puskesmas Sialang Buah ini menjadi dambaan masyarakat,”katanya lagi.

Mengakhiri sambutannya, Wabup Adlin Tambunan menjelaskan pelaksanaan Vaksin Covid-19 Tahap I dan II sudah berjalan di Kabupaten Sergai, karena vaksinasi merupakan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Saya imbau walaupun sudah divaksin namun tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19,” ujarnya menutup.(Bambang)

Berita Lainnya

Index