1 April,hasil Tes GeNose Bisa untuk Penerbangan Dalam Negeri,

Bisa Lebih Murah dan Efisien Dan Tidak Berlaku bagi Anak 5 Tahun ke Bawah

Bisa Lebih Murah dan Efisien Dan Tidak Berlaku bagi Anak 5 Tahun ke Bawah
Salah satu penumpang yang sedang melakukan tes GeNose

BATAM ( PAB )-

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menetapkan tes Polymerase Chain Reaction (PCR), Rapid Test Antigen dan GeNose C19 sebagai syarat pelaku perjalanan dengan transportasi udara.

Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran Satgas Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19.

"Pelaku perjalanan transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau hasil negatif tes GeNose C19 di Bandar Udara sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi e-HAC Indonesia" demikian bunyi SE Satgas poin 3 huruf b.

Adapun e-HAC adalah health alert card atau kartu kewaspadaan kesehatan. 

Sementara itu, penggunaan GeNose C19 sebelumnya baru digunakan sebagai alat deteksi Covid-19 bagi pelaku perjalanan dengan alat transportasi kereta api.

Namun, pada poin 3 huruf K SE tersebut diatur bahwa anak-anak di bawah usia 5 tahun tidak diwajibkan melakukan tes RT-PCR, Rapid Test Antigen dan GeNose C19.

Di samping itu, pada poin 3 huruf C, diatur bahwa penggunaan GeNose C19 bisa dilakukan sebagai syarat pelaku perjalanan transportasi laut dan pelaku perjalanan penyeberangan laut serta wajib mengisi dokumen e-HAC sebelum keberangkatan di pelabuhan.

Selain itu, tes menggunakan GeNose C19 juga bisa dilakukan oleh pelaku perjalanan transportasi darat pribadi yang dilakukan di rest area dan akan dilakukan tes acak apabila diperlukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Daerah.

Di Singgung tentang kesiapan Surat Edaran ( SE ) lewat pesan singkat tersebut,GM BUBU Hang Nandim Benny Syahroni mengatakan"RSBP "saat ini lagi menyiapkan tempat penggambilan sample GeNose di BUBU Hang Nadim,Insya Allah 1 April atau awal bulan April ini BUBU Hang Nadim dengan RSBP Batam siap buka pelayanan GeNose di Bandara"Katanya,( Selasa,30/3/2021 )

"Dengan sendirinya rapid Antigen gak ada lagi dengan adanya GeNose ini,dimana harganya jauh lebih murah yaitu Rp.30.000"ujarnya lagi.

ek/pab

 

Berita Lainnya

Index