Polda Sumut Laksanakan Rapat Penerimaan Terpadu Anggota Polri TA 2018

Polda Sumut Laksanakan Rapat Penerimaan Terpadu Anggota Polri TA 2018
Kapolda Sumut Irjen.Pol Paulus Waterpauw foto bersama seusai Rapat Terpadu Penerimaan Polri TA 2018.(Foto/Vi)

MEDAN,(PAB)----

Kepolisian Daerah (Polda ) Sumatera Utara melaksanakan kegiatan rapat penerimaan terpadu anggota Polri TA 2018 Jajaran Polda Sumut.

Kegiatan dilaksanakan pada hari ini, Rabu, 4 April 2018, Pkl 08.30 Wib s/d selesai, bertempat di Aula Catur Prasetya Lt.4 Mapolda Sumut, dihadiri oleh Kepala Pusat Studi HAM Unimed,  DR. Majda Muntadz, M.Si,  LSM Polri Watch, Bambang, SH, Auditor IT Unika St. Thomas, Tonni Limbong, serta Himpunan Psikologi Sumut, Srisupriantini

Rapat dipimpin Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw didampingi  Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Drs. Agus Andrianto SH., Irwasda Polda Sumut, Karo SDM Polda Sumut, Kabid Propam Polda Sumut, Kabid Dokkes Polda Sumut, Karumkit Polda Sumut, Kayanma Polda Sumut, dan Para peserta rapat penerimaan terpadu anggota Polri Jajaran Polda Sumut.

Karo SDM Polda Sumut memberikan paparan Kesiapan Polda Sumut dalam Kegiatan Seleksi Penerimaan Anggota Polri TA 2018, Rencana penerimaan Polri Tahun 2018 dengan kuota kirim Polda Sumut untuk Akpol sebanyak 14 orang, kuota Bintara untuk Pendidikan sebanyak 313 orang, sementara untuk kuota pendidikan Polda Sumut untuk Tamtama sebanyak 15 orang.

“Jenis penerimaan Bintara yang diterima tahun ini antara lain Bintara Penempatan Tugas Umum (PTU), Bintara TI,  Bintara Musik, Bintara Kimia, Bintara Penerbangan dan Bintara Pelayaran,” ujar Karo SDM Polda Sumut.

Untuk Tahapan seleksi tingkat panda sendiri dimulai dari pemeriksaan adminstrasi awal, pemeriksaan  psikologi, pemeriksaan kesehatan I,  Uji jasmani, Uji akademik, pemeriksaan kesehatan II, PMK dan pemeriksaan psikologi- II, pemeriksaan adminstrasi akhir

Terakhir akan diadakan Sidang kelulusan tingkat panitia daerah selanjutnya diadakan Supervisi dari Panitia Pusat untuk selanjutnya tahap terakhir Sidang kelulusan akhir.

Sementara Tahapan seleksi bintara tingkat subpanda khusus Polres Nias dan Polres Nias Selatan setelah pemeriksaan adminstrasi awal, dilaksanakan pernyataan Pakta integritas, selanjutnya pemeriksaan  psikologi, pemeriksaan kesehatan I, Uji Jasmani.

“Setelah pelaksanaan uji jasmani, selambat-lambatnya tanggal 18 Mei 2018, Calon Bintara PTU yang telah dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti uji akademik di Polda,” jelas Karo SDM.

Biro SDM sendiri menerapkan Prinsip penerimaan  Si Betah yaitu Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis.

Dalam menjaga kearifan lokal atau SDM Daerah tertentu, akan dilaksanakan seleksi sesuai dengan kuota Polres masing-masing.

Selanjutnya Kapolda Sumut dalam sambutan apresiasi atas terselenggaranya dan kehadiran peserta rapat internal dan eksternal Polda Sumut sebagai wujud mendukung dan menyamakan presepsi guna menciptakan kegiatan seleksi penerimaan anggota Polri TA 2018 yang aman dan lancar.

“Upaya Polda Sumut dalam menjaga kearifan lokal dan SDM daerah tertentu, agar benar-benar dilakukan pemeriksaan asal usul terhadap peserta tes dalam rangka mencegah penyalah gunaan kuota Polres oleh oknum tertentu,” kata Paulus.

Paulus juga menekankan dalam kepanitiaan Subpanda Nias, agar SDM dapat menunjuk Kapolres Nias dan Kapolres Nisel dalam kepanitiaan Subpanda Nias.

“Pengadaan kuota Bintara khusus, saya berharap panita dapat melakukan seleksi dengan sebaik-baiknya guna mendapat bintara dengan keahlian dan kemampuan khusus sesuai kuota yang dibutuhkan. Fokuskan perekruitan dari sekolah-sekolah atau akademi sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan,” tekan Kapolda Sumut.

Kapolda Sumut juga mengingatkan untuk menghindari pelaksanaan kegiatan yang fokus pada formalitas.  Karena keberhasilan Polri mayoritas ada pada operasional dan implementasi pada setiap program Polri.

“Tim panitia agar lebih giat dalam sosialisasi dan upaya-upaya inovatif dalam rangka merekuit SDM yang unggul dan hindari setiap perbuatan yang dapat mencemari institusi,” ujarnya.

Selesai acara, dilakukan pengambilan video statement Kapolda Sumut terkait proses seleksi penerimaan anggota Polri 2018 di Polda Sumut dan dilanjutkan dengan foto bersama.(evi)

Berita Lainnya

Index