Ini Nama Jendral yang Mendampingi Komjen Listyo Sigit Prabowo Saat Fit And Proper Test Calon Kapolri

Ini Nama Jendral yang Mendampingi Komjen Listyo Sigit Prabowo Saat Fit And Proper Test Calon Kapolri

JAKARTA, (PAB)---

Calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo, menjelaskan bahwa dia didampingi oleh 7 jenderal yang merupakan perwakilan dari tiap angkatan, baik yang di atas maupun di bawah letingnya. Selain para jenderal, terdapat seorang kapolres yang mendampingi rombongan calon Kapolri.

"Dalam kegiatan uji kelayakan, ini izin kami melaporkan, kami didampingi Bapak Wakapolri, Bapak Kabaharkam Polri, Bapak Kalemdillat Polri, Kadiv propam, kemudian Kapolda Aceh, Kapolda Sulut, kemudian ada Ibu Ida Oetari. Kemudian junior kami, Ahrie Sonta, kapolres, kemudian staf kami Ferly dan dua operator," papar Komjen Listyo Sigit Prabowo di Ruang Komisi III DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2021).

Daftar pendamping calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo, dalam fit and proper test adalah sebagai berikut:
1. Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono (Akpol 1988)
2. Kabaharkam Komjen Agus Andrianto (Akpol 1989)
3. Kalemdiklat Komjen Arief Sulistyanto (Akpol 1987)
4. Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo (Akpol 1994)
5. Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada (Akpol 1991)
6. Kapolda Sulut Irjen Panca Putra (Akpol 1990)
7. Ketua Konferensi Polwan Brigjen Ida Oetari
8. Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Ahrie Sonta (Akpol 2002).

"Yang hadir mendampingi kami ini susunannya adalah urutan senior, Pak. Mulai dari (angkatan) '87, '88, '89, '90, kami sendiri '91 beserta leting kami, dan adik-adik kami. Jadi mohon izin melaporkan, bahwa saat ini Polri solid, Pak," ucap Listyo Sigit Prabowo.

Di antara sosok para jenderal yang mendampingi Komjen Listyo Sigit, ada seorang sosok perwira menengah yang turut serta. Sosok tersebut adalah Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta. Ahrie diketahui merupakan lulusan Akpol 2002 'Wicaksana Laghawa'. Dia juga merupakan penyandang gelar doktor Ilmu Kepolisian.

Proses fit and proper test yang dijalani Komjen Listyo Sigit sendiri berlangsung lancar. Semua fraksi di Komisi III DPR menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri. Tidak ada fraksi yang menolak.

"Berdasarkan pandangan dan catatan fraksi, pimpinan dan anggota Komisi III secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Idham Azis dan menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Selanjutnya, ditetapkan dalam rapat paripurna terdekat dan akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan," kata Ketua Komisi III Herman Hery di kompleks gedung MPR/DRP, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1).

Selanjutnya, Komisi III akan berkirim surat ke pimpinan DPR untuk membawa keputusan terkait Komjen Listyo Sigit Prabowo ke rapat paripurna DPR. (Red)

Sumber: detik.com

Berita Lainnya

Index