Lewati Jalur Tak Resmi, Personil TNI AD di Perbatasan Amankan 9 Pekerja Migran Non Prosedural

Lewati Jalur Tak Resmi, Personil TNI AD di Perbatasan Amankan 9 Pekerja Migran Non Prosedural

JAKARTA ( PAB ) -

Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas mengamankan sembilan orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural dari Malaysia melalui jalur tidak resmi. Kesembilan PMI diamankan saat melewati jalur sektor kiri dan kanan PLBN Entikong, Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Diamankannya sembilan PMI Non Prosedural tersebut bermula saat personel Satgas Pamtas yang dipimpin Sertu Leonardus melaksanakan jaga Dalduk Pos Kotis Gabma Entikong.

Dansatgas Pamtas Yonif 642/Kps, Letkol Inf Alim Mustofa dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Entikong, Kamis (17/12/2020) mengatakan bahwa diamankannya kesembilan orang PMI tersebut sebagai upaya pengetatan jalur perbatasan untuk mencegah masuknya barang ilegal dan tindak kejahatan lainnya.

Lanjut Dansatgas, setiap PMI dari Malaysia yang masuk ke Indonesia harus melalui serangkaian pemeriksaan, baik dokumen maupun pemeriksaan protokol kesehatan.

“Satgas Pamtas akan terus memperketat jalur-jalur tidak resmi perbatasan, berkoordinasi dengan instansi terkait guna mencegah lalu lintas orang maupun barang secara ilegal,” tegas Dansatgas.

Selanjutnya Dansatgas, menyampaikan, kesembilan PMI non prosedural diserahkan ke pihak Imigrasi dan P4TKI untuk ditindaklanjuti pemeriksaan secara lengkap, baik dokumen maupun kesehatan

“Ini semua dilakukan untuk memastikan setiap PMI yang akan kembali tidak terpapar Covid-19 dan melalui prosedur yang benar,” pungkas Dansatgas.

(Sumber: Dispenad)

Berita Lainnya

Index