Kapuskes TNI Buka TOT Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Lingkungan TNI

Kapuskes TNI Buka TOT Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Lingkungan TNI

JAKARTA, (PAB)---

Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S, MARS, M.H., membuka secara resmi Training Of Trainer (TOT) Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di fasilitasi Kesehatan TNI, bertempat di Gedung Bhaktikes Puskes TNI, Jl. Dr. Abdul Rahman Salen No. 120, Jakarta Pusat, Selasa (8/12/2020).

 

Kapuskes TNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah dalam hal ini Presiden RI telah menginstruksikan dan telah berupaya keras bagaimana untuk menyelesaikan atau menangani pandemi Covid-19 khususnya di Indonesia dengan berbagai hal termasuk Program Vaksinasi Covid-19.

 

“Kemarin telah datang Sinovac Vaksin Covid-19 yang tentunya ini akan didistribusikan untuk pelaksanaan program vaksinasi nantinya. Oleh sebab itu, perlu sekali adanya pengetahuan, keterampilan bagaimana melaksanakan program vaksinasi dari pemerintah yang harus kita sukseskan dan tentunya ini sangat penting untuk diketahui bersama,” tuturnya.

 

Lebih lanjut Kapuskes TNI mengatakan bahwa atas arahan Panglima TNI Marsekal TNI DR. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., kegiatan Training Of Trainer yang difasilitasi Kesehatan TNI ini bekerjasama dengan mitra dari TNI dalam hal kesehatan dan juga dengan Kementerian Kesehatan RI sebagai leading sector.

 

“Dengan adanya kegiatan ini tentunya kita sangat mengharapkan bahwa nantinya yang sudah mengikuti TOT ini akan memberikan pelatihan secara lebih luas bagi semua yang berkaitan dengan proses pelaksanaan program vaksinasi di jajaran kesehatan TNI khususnya dan juga di lingkungan mitra TNI,” ujarnya.

 

Di akhir sambutannya, Kapuspen TNI mengatakan bahwa latihan TOT yang diikuti oleh personel kesehatan TNI, baik itu Puskes TNI, Puskesad, Puskesal, Puskesau dan juga mitra TNI tentunya ini adalah suatu sinergitas antara sipil dan TNI.  “Kolaborasi yang tentunya sangat menjadi suatu sinkronisasi yang baik dalam menangani pandemi secara teori maupun secara fakta di lapangan yang harus kita bangun terus sinergitas antara sipil dan militer dalam menangani pandemi di negara ini,” tandasnya.

 

TOT Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan secara virtual, diikuti oleh 57 orang dari Kesehatan TNI dan relawan wilayah Jabodetabek dan Bandung, menghadirkan tiga narasumber yaitu dr. Prima Yosephina (Kemenkes RI), Letkol Ckm dr. Seno Rusmaji (Puskesad) dan Kolonel Kes Drs. Nur Abdul Goni (Kalafibiofak) dan Ibu Audrey Clarissa, S.SI, Apt (Artha Graha).**

Berita Lainnya

Index