Kas Kogabwilhan I Pimpin Pelaksanaan Paparan Rencana Operasi Kotamaops

Kas Kogabwilhan I Pimpin Pelaksanaan Paparan  Rencana Operasi Kotamaops

TANJUNGPINANG, (PAB)---

Kepala Staf Kogabwilhan I Mayjen TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr. (Han) membuka sekaligus memimpin rapat pada paparan draf Rencana Operasi Kotamaops jajaran Kogabwilhan I di Ruang Rapat Makogabwilhan I, Jalan MT Haryono km 3 Tanjung Pinang, Senin (9/11/2020).

 

Pada rapat tersebut Kas Kogabwilhan I menyampaikan bahwa kegiatan Paparan Draft RO Kotamaops ini adalah tindak lanjut dari Pembentukan awal  Kogabwilhan yang dilatarbelakangi dengan semakin kompleknya ancaman saat ini dimana Panglima TNI harus dapat mengendalikan operasi-operasi yang sedang digelar.  “Menyikapi hal tersebut, maka dibentuklah Kogabwilhan TNI sebagai Kotama Ops yang merupakan perpanjangan tangan Panglima TNI dalam pengendalian operasi,” katanya.

 

Dasar pembentukan Kogabwilhan adalah  Keputusan Presiden Nomor 27 Tahun 2019 tentang pembentukan Kogabwilhan dan Peningkatan Status 23 (Dua Puluh Tiga) Korem dari Tipe B Menjadi Tipe A serta Perpang TNI Nomor 29 Tahun 2019 tentang organisasi dan tugas Kogabwilhan, dimana didalamnya tercantum Tugas Pokok Kogabwilhan adalah sebagai penindak awal bila terjadi konflik di wilayahnya baik untuk OMP maupun OMSP dan sebagai kekuatan penangkal bila terjadi ancaman dari luar serta pemulih kondisi keamanan sesuai dengan kebijakan Panglima TNI. 

 

Adapun Kogabwilhan memiliki fungsi utama dalam penyiapan kekuatan, pertempuran dan administrasi. 

 

Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari dan diikuti oleh seluruh Asisten Kas Kogabwilhan I dan  Para Asisten Operasi Kotama di bawah wilayah operasi  Kogabwilhan I, yaitu Asops Kodam Iskandar Muda, Asops Kodam I/BB, Asops Kodam II / Slw, Asops Kodam III/ Swj, Asops Kodam Jaya, Asops Kodam XII / Tpr, Asops Koarmada I, dan Asops Koopsau I. 

 

Selanjutnya Kas Kogabwilhan I menjelaskan bahwa  kedudukan Makogabwilhan I saat ini berada di Tanjung Pinang Kepulauan Riau dengan wilayah tanggung jawab operasi meliputi: seluruh Pulau Sumatera, Provinsi Kalbar, Kalteng, DKI Jakarta, Jabar, Banten, ALKI 1 dan perairan sekitarnya serta wilayah udara di atasnya. Sedangkan satuan yang terlibat dalam eselon pelaksana dibawah kendali Kogabwilhan I meliputi 7 satuan unsur darat, 9 satuan unsur laut dan 25 satuan unsur udara.

 

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan sesi foto bersama dengan  Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E.M.M.

Berita Lainnya

Index