Wakajati Sumut Kunker ke Kejari Simalungun

Jacob Hendrik Pattipeilohy: Kejaksaan Ikut Berperan Sukseskan Pilkada Serentak 2020

Jacob Hendrik Pattipeilohy: Kejaksaan Ikut Berperan Sukseskan Pilkada Serentak 2020

SIMALUNGUN,(PAB)----

Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Wakajati Sumut) Jacob Hendrik Pattipeilohy menyampaikan bahwa Kejaksaan itu jangan hanya muncul di second line, tapi harus menunjukkan peran dalam mensukseskan Pilkada Serentak 2020 di Sumatera Utara.

"Kita harus menunjukan peran kita dalam mensukseskan Pilkada Serentak 2020 di Sumatera Utara" Kata Wakajati Sumut pada acara kunjungan kerja dan inspeksi mendadak (Sidak) ke Kejari Simalungun dalam rangka monitoring dan evaluasi (Monev) terkait persiapan Posko Pemantauan Pilkada Serentak 2020 di Kejari yang wilayah hukumnya menggelar Pilkada serentak di 23 kabupaten/kota di Sumut.

IMG-20201108-WA0012

Lebih lanjut Wakajati Sumut menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Pilkada serentak ini, Kejaksaan harus memberi warna dan memiliki peran lebih dalam perjalanan mewujudkan demokrasi yang jujur, adil dan transparan.

Dalam kesempatan itu, Kejari Simalungun Gloria Sinuhaji menyampaikan bahwa jumlah penduduk Kabupaten Simalungun 1.037.545 jiwa, jumlah DPT Simalungun adalah 636.303 jiwa, jumlah pemilih perempuan 320.741 jiwa, jumlah pemilih laki-laki 315.562 jiwa dan jumlah TPS 1992.

IMG-20201108-WA0013“Masyarakat yang tinggal di Simalungun sangat beragam dengan jumlah pasangan calon yang maju ada 4 pasangan, upaya-upaya yang kita lakukan dalam mengawal Pilkada adalah melakukan deteksi dini di lapangan,” tandasnya.

Pasangan calon yang maju adalah nomor urut 1 Radiapo Hasiholan Sinaga berpasangan dengan H.Zonni Waldy. Nomor urut 2 H.Hasym Muhajidin berpasangan dengan Tumpak Siregar, nomor urut 3 Wagner Damanik berpasangan dengan H.Abidinsyah Saragih, nomor urut 4 Anton Ahmad Saragih berpasanagn dengan Rospita Sitorus.

Sementara itu, Kasi Intel Ratno Pasaribu, Kasi Pidum Irvan Maulan dan Kasi Datun Fitriyani menyampikan presentasinya terkait persiapan masing-masing seksi dalam mengawal tahapan Pilkada sampai hari H pemilihan 9 Desember 2020.

“Deteksi dini yang kita lakukan, sudah ada upaya-upaya calon tertentu dan pendukungnya untuk melakukan kecurangan. Misalnya, ada ASN tidak netral, money politic dan upaya lainnya,” kata Kasi Intel Ratno Pasaribu.

Asintel Kejatisu Dwi Setyo Budi Utomo menyampaikan bahwa dalam tahapan Pilkada Simalungun berdasarkan data yang kita terima sudah mulai ada tindak pidana dan riak-riak yang menghiasi tahapan sampai pada hari H pencoblosan.

“Harapan kita, semua Kajari dan Kasi yang daerahnya melaksanakan Pilkada membuat laporan yang dilengkapi data akurat dan upaya-upaya lainnya,” kata mantan Kajari Medan ini.

Diakhir kunjungannya, Wakajati Sumut menyampaikan apa yang dipresentasikan masing-masing Kasi perlu dilanjutkan dan ditingkatkan.

"Karena kemampuan untuk membaca situasi atau deteksi dini dan kemudian didukung deteksi aksi akan menjadi sebuah kekuatan dan warna kita dalam mengawal Pilkada serentak 2020" tutup Wakajati Sumut .

Tim monitoring dipimpin langsung oleh Wakajati Sumut Jacob Hendrik Pattipeilohy didampingi Asintel Dwi Setyo Budi Utomo, Koordinator Salman dan Kasi Penkum Sumanggar Siagian disambut Kajari Simalungun Gloria Sinuhaji serta para Kasi dan staf Kejari Simalungun.

(Rat)

Berita Lainnya

Index