Tingkatkan Produktifitas, Warga Binaan Rutan Labuhan Deli Kembangbiakan Ikan Hias

Dibaca: 1078 kali  Kamis,05 November 2020 | 08:47:09 WIB
Tingkatkan Produktifitas, Warga Binaan Rutan Labuhan Deli Kembangbiakan Ikan Hias
Ket Foto :

BELAWAN,(PAB)----

Guna meningkatkan produktifitas Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Klas IIB Labuhan Deli kembangbiakan ikan cupang, Rabu (4/11/2020).

Kegiatan beternak ikan cupang yang merupakan ikan hias tersebut dapat menumbuhkan semangat, memimbulkan inovasi baru serta menjiwai kewirausahaan bagi warga binaan.

Bahkan dari beternak ikan cupang WBP bisa mendapat penghasilan sampingan yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri.

Kegiatan beternak ikan cupang salah satunya bisa menghilangkan perasaan stres dan menimbulkan ide-ide baru yang bertujuan positif.

Saat ini ikan cupang dikembangbiakan di lokasi yang sangat sederhana. Pengembangbiakan ikan cupang diilakukan pihak Rutan Labuhan Deli bersama WBP masih dengan teknik otodidak.

Saat ini ribuan hasil berternak ikan cupang tersebut dipasarkan melalui media sosial (medsos), kepada para saudara dan kolega para WBP di luar Rutan.

Kasi Tahanan Rutan Klas IIB Labuhan Deli Jimri mengatakan, pihak Rutan Klas IIB Labuhan telah membuka pintu kepada siapa saja yang mau bekerjasama untuk dapat membuka lapangaan pekerjaan bagi warga binaan.

"Pihak Rutan Klas IIB Labuhan Deli membuka pintu sebesar-besarnya kepada siapa saja yang mau memberikan kontribusinya untuk membuka lapangan pekerjaan bagi warga binaan," kata Jimri kepada wartawan.

Sementara itu Karutan (Kepala Rutan) Klas IIB Labuhan Deli Nimrot Sihotang menjelaskan bahwa kegiatan beternak ikan cupang adalah untuk meningkatkan daya kreativitas yang bersifat produktif bagi WBP selain dapat untuk mencukupi kebutuhan sendiri.

"Kita merubah imez masyarakat kalau penjara itu menyeramkan. Dan saat ini pihak Rutan fokus kepada pembangunan mental terhadap warga binaan dengan cara memelihara ikan cupang," ucapnya. (Ali)

Akses pab-indonesia.co.id Via Mobile m.pab-indonesia.co.id
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »