Terkait Kerja Sama Pemberdayaan Desa Maritim, Pemkab Sambut Kunker Bakamla RI 

Terkait Kerja Sama Pemberdayaan Desa Maritim, Pemkab Sambut Kunker Bakamla RI 

KISARAN, (PAB) -

Plh. Bupati Asahan diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Bambang Hadi Suprapto menerima kunjungan kerja Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bertempat di Aula Mawar kantor Bupati setempat, Senin (26/10/2020).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Asahan Drs. Bambang Hadi Suprapto mengucapkan selamat datang kepada Bakamla RI yang dipimpin oleh Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksma (TNI) Retiono Kunto H, SE beserta rombongan di Kabupaten Asahan.

Dikatakannya salah satu tujuan dari Bakamla melakukan kunjungan kerja adalah untuk menindaklanjuti perjanjian kerjasama antara Bakamla RI dengan Pemerintah Kabupaten Asahan tentang pembentukan Pemberdayaan Desa Maritim di wilayah Perairan Asahan Nomor : SP-027/BAKAMLA/IX/2019 dan Nomor 523/3505 tanggal 18 September 2019.

Kami selaku Pemerintah Kabupaten Asahan sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan ini guna menyikapi wabah Covid-19 dan melakukan Percepatan Ekonomi Nasional sebagaimana Program Pemerintah Pusat, ujar Bambang yang kemudian menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Perikanan telah membuat Rencana Zonasi Rinci Wilayah Perairan dan Pulau - Pulau Kecil (RZWP3K) di Kecamatan Silau Laut Pada tahun 2013 dan RZWP3K Kabupaten Asahan pada tahun 2014 yang telah masuk ke dalam RZWP3K Provinsi Sumatera Utara dan disahkan melalui Perda Provinsi Sumatera Utara.

Sementara dalam kesempatan itu Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksma (TNI) Retiono Kunto H, SE mengatakan sebagaimana diamanatkan dalam Undang - Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan dan Peraturan Presiden Nomor 178 tahun 2014 tentang Badan Keamanan Laut disebutkan bahwa Bakamla merupakan Lembaga Pemerintah yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden, dengan tugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah Perairan Indonesia dan wilayah Yurisdiksi Indonesia.

Dikatakannya, guna melakukan optimalisasi tugas pokok Bakamla RI dalam hal menjaga keamanan dan keselamatan di laut, dukungan dan kerjasama serta sinergitas dengan Instansi dan Institusi lain termasuk dengan Pemerintah Daerah serta masyarakat pesisir dan perbatasan sangat diperlukan.

Dimana, kata Laksma (TNI) Retiono, salah satu wujud dari perhatian Bakamla dalam kegiatan fasilitas kerjasama pengembangan Desa Maritim di Desa Silau Baru ini antara lain penyuluhan kesehatan lingkungan dan upaya pencegahan penyebaran covid - 19, pelatihan pengolahan hasil laut oleh praktisi UKM dan pelatihan kreativitas mudah dari tim kreatif Anak Sumut Production, penyerahan bantuan buku untuk Taman Literasi sebagai tindak lanjut kerja sama Bakamla RI dengan Perpusnas dan sebagai pendukung kegiatan akan diberikan 5 buah blender dan 5 buah sealer kepada perwakilan masyarakat beserta dengan 2 buah rak buku untuk literasi Desa Maritim Silau Baru.

Diharapkan melalui kegiatan ini warga masyarakat Desa Maritim Silau Baru dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh - sungguh agar bisa mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat, tandas Direktur Kerja Sama Bakamla RI itu yang kemudian menyerahkan bantuan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) secara simbolis berupa buku kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang diterima langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Bambang Hadi Suprapto.(pur)

Berita Lainnya

Index