KAPAL PERANG JENIS FROSCH ANGKUT PASUKAN MARINIR MENUJU PULAU TERLUAR

KAPAL PERANG JENIS FROSCH ANGKUT PASUKAN MARINIR MENUJU  PULAU TERLUAR

SURABAYA,(PAB)--

KRI Teluk Lampung 540 kembali mendukung operasi angkutan laut militer Satgas Pengamanan Pulau Terluar XXIV tahun 2020. Kapal perang jenis Frosch dibawah kendali Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 2 Surabaya ini melaksanakan embarkasi personel dan material prajurit Pasmar 2 Korps Marinir di dermaga Ende Koarmada II Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Senin (14/9).

Menurut Komandan KRI Teluk Lampung Letkol Laut (P) Edi Herdiana proses embarkasi pasukan Satgas Pamputer XXIV Pasmar 2 Marinir ini melalui prosedur protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Mengingat masih mewabahnya virus yang cepat penularannya ini, maka dalam embarkasi personel dan material Satgas Pamputer melibatkan batalion kesehatan marinir Pasmar 2.

Kapal perang jenis berjenis Frosch-I/Type 108 mengangkut Satgas Pamputer XXIV yang bertugas mengamankan Pulau terluar Indonesia selama kurang lebih 12 Bulan. Dalam embarkasi tersebut, KRI Teluk Lampung 540 mengangkut 34 personel dan material satgas.

Embarkasi material tersebut diantaranya Alkom, Perahu Karet dan BBM. dimana material tersebut adalah sebagai sarana pendukung dalam melaksanakan penugasan.
Panglima Kolinlamil Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr Han menyatakan pergeseran personel dan material yang dilaksanakan unsur-unsur KRI Kolinlamil adalah dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Operasi dukungan angkutan laut yang terus berlangsung mendukung pergeseran personel dan material pasukan TNI ke perbatasan, daerah rawan maupun pulau terluar diwilayah NKRI adalah dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Itu merupakan salah satu tugas pokok Kolinlamil,” jelas Panglima Kolinlamil.

Selanjutnya Pangkolinlamil menginstrusikan kepada Komandan KRI agar selalu memperhatikan keamanan personel dan material, mewaspadai cuaca buruk dan menjaga moril prajurit selama pelayaran.
Disampaikan juga bahwa selama lintas laut hingga debarkasi pasukan agar KRI Teluk Lampung-540 tetap mengutamakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, selalu memakai masker, menjaga physical distancing dan selalu melaksanakan cuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan.(Puspen TNI)

Berita Lainnya

Index