2 Bocah SD Tewas Tenggelam Di Kolam Kebun Kelapa Sawit PT. KHI

2 Bocah SD Tewas Tenggelam Di Kolam Kebun Kelapa Sawit PT. KHI

SERDANG BEDAGAI,(PAB) -

Dua bocah yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) inisial D Br P (12) dan E Br Manullang (11) tewas tenggelam di  kebun kelapa sawit milik PT. KHI, berlokasi di Desa Havea, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu (5/9/2020) sekitar pukul 11.00 WIB.

Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robinson Simatupang SH,MHum melalui Kapolsek Dolok Masihul AKP J Panjaitan mengatakan, sebelumnya 
Kanit IK Polsek Dolok Masihul Aiptu R Sianturi melaksanakan monitoring baket serta deteksi sehubungan adanya kabar telah hanyut 2  orang anak-anak dibawah umur di kolam atau waduk di areal Afdeling Kebun Sawit Perkebunan PT. KHI Desa Havea  Kecamatan Dolok Masihul, Sergai.

Kapolres mengungkapkan, bahwa pada hari Sabtu(5/9/ 2020) sekitar  pukul 10.30 WIB. Kedua  korban  bermain-main disekitar kolam atau waduk di Afdeling kebun Sawit milik Perk. PT KHI Desa Havea Kec. Dolok Masihul. 

Selanjutnya, kata kapolres, kedua bocah itu, masuk kedalam kolam atau waduk untuk mandi mandi sementara Moses Purba tidak ikut masuk ke  kolam tersebut dan setelah masuk ke dalam kolam, kedua anak perempuan tersebut tidak bisa berenang dan tenggelam di kolam atau waduk tersebut. 

Melihat temannya tidak muncul dari kolam atau waduk, selanjutnya saksi seorang temannya  berlari minta tolong ke rumahnya dan memberitahukan ayahnya Rajali Purba yang kebetulan dekat dengan kolam atau waduk.

Setelah mengetahui anaknya dan temannya tenggelam di kolam atau waduk selanjutnya meminta pertolongan kepada warga dan warga secara bersama-sama melakukan pencarian kedua korban yang tenggelam.

Setelah warga melakukan pencarian dengan alat seadanya sekira pukul 11.30 WIB, pertama yang ditemukan adalah korban E Br M dengan  tubuh telah membiru dan sempat di bawa ke RS namun nyawanya tidak tertolong lagi.

Selanjutnya  warga tetap melakukan pencarian dan sekira pukul 12.30 WIB, korban an. D Br P  berhasil ditemukan warga dan tubuh sudah membiru tidak bernyawa lagi dan keluarga langsung membawa pulang jenazahnya ke Dusun IV Desa Kota Tengah, Kecamatan Dolok Masihul.

Petugas yang berada di TKP menemukan bahwa TKP berada di tengah areal tanaman buah kelapa sawit milik Perkebunan PT Karya Havea Indonesi (KHI).

Lokasi  kolam atau waduk dengan kedalaman 5 M dan  merupakan tempat pengisapan air untuk kebutuhan Pabrik PKS PT. Karya Havea Indonesia (KHI).

Di pinggir kolam atau waduk pihak Pabrik PKS PT KHI, telah memasang Plang pemberitahuan bahwa dilarang memasuki areal kolam dan pihak security tetap kontrol di areal kolam untuk melarang masyarakat memasukinya.

Pasca kejadian, personel Polsek Dolok Masihul membawa korban untuk VER luar ke Rumah Sakit dan  menyarankan kepada keluarga korban agar membuat surat pernyataan tidak dilakukan Outopsi.

"' Kasusnya ditangani Polsek Dolok Masihul dan dari pihak keluarga korban membuat surat pernyataan bahwa korban meninggal dunia dikarenakan tenggelam di kolam atau waduk dan bukan dikarenakan tidakan kriminal," pungkas  Kapolres.(Bambang)

Berita Lainnya

Index