Kadisdukcapil Lakukan Kunker ke Gampong Simpang Lhee

Kadisdukcapil Lakukan Kunker ke Gampong Simpang Lhee

LANGSA,(PAB)---

Kepala dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Langsa Drs.H Ibrahim Latif, S.Pd, MM setelah sempat tertunda beberapa waktu untuk melakukan kunjungan kerja (Kunker) kegampong-gampong dalam Pemko Langsa kini kembali menindaklanjuti kegiatan itu dengan sasaran Gampong Simpang Lhee Kec.Langsa Barat Pemko Langsa, kehadiran Kadisduk Capil langsung disambut oleh geuchik, Sekdes, beserta perangkat desa lainnya di Kantor Geuchik setempat, Selasa (1/9).


Tujuan kunjungan kerja Disduk Capil ini adalah memberikan pengarahan tentang kelengkapan administrasi kependudukan yang berkenaan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), KTP Kartu Indentitas Anak (KIA), surat Akte Kelahiran dan hal-hal lain menyangkut administrasi kependudukan.


Dalam paparannya Kadisduk Capil Drs.H Ibrahim Latif, S.Pd, MM mengatakan, "bagi penduduk yang sudah cukup umur yaitu 17 tahun wajib mengurus KTP, menurutnya kepengurusan KTP di Disduk Capil tidak sulit dan tidak juga dipersulit tampa memungut biaya, oleh karena itu segera datangi Kantor Disduk Capil untuk mengurusnya, ujarnya.


Ibrahim Latif menambahkan, "selain Kartu Tanda Penduduk, masyatakat juga diharuskan memiliki Kartu Keluarga (KK), Kartu Indentitas Anak dari 0 (nol) bulan sampai dengan satu tahun, untuk kartu KIA ini  tampa dilengkapi dengan fasfoto, sedangkan untuk anak umur 1 (satu) tahun hingga lima tahun, untuk tingkatan ini dilengkapi dengan Pasfoto, jelasnya.


Adapun kartu Indentitas Anak (KIA) ini, tambah dia lagi, diterbitkan untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak. Berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak, KTP anak ini terdiri dari 2 jenis, tuturnya.


Lebih lanjut Ibrahim Latif mengatakan, "administrasi lain yang juga sangat penting adalah Akte Kelahiran, akte kelahiran ini diperlukan untuk kepentingan-kepentingan individu sianak saat mereka mendaftarkan diri masuk kesekolah, dengan terfasilitasi kelengkapan administrasi kependudukan bagi setiap keluarga, lanjut dia, maka segala urusan akan menjadi mudah nantinya, artinya mari siapkan payung sebelum hujan, pungkas Ibrahim Latif.


Sementara itu ditempat yang sama geuchik gampong Simpang Lhee Ismail diakhir acara menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kadisdukcapil Drs.H Ibrahim Latif, S.Pd, MM beserta petugasnya yang telah berhadir bersilaturahmi sekaligus memberikan arahan terkait kelengkapan administrasi kependudukan khususnya warga masyarakat gampong Simpang Lhee, dirinya juga berjanji akan segera menuntaskan dimana-mana yang masih dianggap kurang dalam hal administrasi kependudukan, imbuhnya.


Hadir pada kegiatan ini seluruh aparatur pemerintahan gampong Simpang Lhee, acara ini berjalan sukses ditutup dengan dilakukannya penyerahan data warga yang belum memiliki Akte kelahiran kepada geuchik untuk segera di urus. (Boy)

Berita Lainnya

Index